Anggota Polsek Positif Konsumsi Narkoba

Wahyu Win Harjanto

KEPANJEN-  Bripka Hendro Budianto, 42 tahun, anggota aktif Polsek Tirtoyudo dinyatakan positif mengonsumsi narkotika jenis sabu-sabu (SS). Ini dibuktikan dengan hasil pemeriksaan tes urine dan darah yang dilakukan Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur, yang turun Kamis (14/2) lalu. Hal ini diterangkap Kasatreskoba Polres Malang, AKP Pratolo Saktiawan SH, kemarin. “Hasil labnya dinyatakan positif,“ ujarnya singkat. Dia mengaku akan terus memeriksa anggota polisi yang berdomisili di Dusun Gunungkelop, Desa/Kecamatan Dampit ini, terkait jaringan peredaran SS lainnya. Pratolo menambahkan, Hendro belum mengakui telah berapa kali mengkonsumsi serbuk putih itu.
“Dia masih kami periksa secara intensif. Jadi kami masih menggali infomasi darinya. Termasuk asal mula yang bersangkutan, mengkonsumsi sabu-sabu ini,“ bebernya. Terungkapnya keterlibatan Hendro ini, berawal dari namanya dicatut oleh tersangka pengedar sekaligus pengguna SS yang sudah ditangkap terlebih dahulu, yakni Jupri 55 tahun, warga Dusun Arjosari, Desa Ampelgading, Tirtoyudo. Dia ditangkap pada 29 Januari 2013 silam, karena diduga memakai dan mengedarkan SS. Dari pengembangan atas Jupri, diketahui jika Hendro sering meminta serta dikirimi SS saat dia bertugas di Polsek Tirtoyudo selama 4 tahun. Sementara itu, Wakapolres Malang, Kompol Wahyu Win Harjanto menyatakan tetap akan memproses secara hukum anggotanya yang didapati mengkonsumsi SS tersebut.
Dia menambahkan tak akan panda bulu untuk menjatuhkan sangsi meski itupun seorang anggota kepolisian. “Proses hukum dari anggota kami berjalan sama seperti  warga sipil lainnya yang kedapatan melanggar hukum. Selain itu, dia nantinya juga bisa dijatuhi sanksi kedisiplinan,“ kata Wahyu. Dia menjelaskan sanksi disiplin itu berbagai macam. “Yang paling penting, dia melakukan proses rehabilitasi agar terlepas dari ketergantungan zat adiktif itu,” pungkasnya. (big/mar)