Karyawan Ekspedisi Gelapkan PS

BARANG BUKTI : Restu Achirriyanto menunjukkan barang buktinya.

MALANG- Restu Achirriyanto, 20 tahun, sejak Kamis (21/2) meringkuk di sel Mapolsekta Kedungkandang. Warga Jalan Kyai Sofyan Yusuf RT04 RW01 Malang ini ditahan atas laporan Bagus Biantoro, 42 tahun, warga Jalan Paniai, Kedungkandang. Tuduhannya menggelapkan satu unit playstation (PS). "Dia sempat menghilang. Namun berhasil kami tangkap," ungkap Kapolsekta Kedungkandang, Kompol Sutiono. Penggelapan PS ini sendiri, dijelaskan dia, dilakukan Restu pada 9 Februari lalu. Malam itu sekitar pukul 22.00, tersangka mendatangi rumah Bagus Biantoro, yang membuka rental persewaan PS. Dia mengutarakan untuk menyewa satu unit PS selama sehari dengan biaya Rp 30.000 serta jaminan KTP. Setelah uang sewa dan jaminan diberikan pada korban, tersangka lalu menerima PS dan membawanya pulang.
"Saat itu, tersangka mengaku kalau dirinya juga tinggal di Jalan Ranu Grati, Sawojajar," lanjut Sutiono. Setelah batas waktu sewa habis, ternyata PS yang disewa tak kunjung dikembalikan. Korban yang curiga lantas mendatangi rumah di Jalan Ranu Grati yang diakui juga rumah tersangka. Namun saat ditanyakan, ternyata itu adalah rumah temannya. Selanjutnya korban mencari tersangka sesuai dengan alamat KTP, namun tersangka juga tidak ada.
Merasa tertipu akhirnya korban melaporkan ke petugas Polsekta Kedungkandang. Berdasarkan laporan itu, petugas kemudian melakukan penyelidikan. Begitu diketahui tersangka pulang, petugas langsung menangkapnya. Kepada penyidik, Restu mengatakan kalau PS tersebut dijual kepada seseorang di Jalan Danau Sentani, Sawojajar Malang dengan harga Rp 1 juta. Bapak satu anak ini mengaku, uang hasil penjualan habis digunakan untuk makan dan mencukupi kebutuhan keluarganya. "Saya kepepet butuh uang," tutur karyawan salah satu ekspedisi ini. (agp/mar)