Suhadi Bakal Di-DPOkan

KEPANJEN- Untuk kedua kalinya, anggota Komisi A DPRD Kabupaten Malang, H.M. Suhadi SE, MAP, kembali mangkir dari panggilan penyidik Polres Malang. Anggota Fraksi PDIP itu, sedianya dipanggil kemarin, sebagai tersangka kasus dugaan penggelapan mobil. Tak koorperatifnya Suhadi, membuat geram penyidik Polres Malang. Kasatreskrim Polres Malang, AKP Decky Hermansyah mengatakan, pada pemanggilan kedua kali ini, Suhadi mangkir tanpa surat keterangan. “Suhadi sudah ditunggu penyidik unit IV, mulai pukul 09.00 hingga pukul 15.00, tapi tak kunjung datang. Selanjutnya, akan kami layangkan surat pemanggilan ketiga,“ ungkapnya. Mantan Kasatreskrim Polres Malang Kota ini mengatakan, belum mengetahui kapan akan melakukan pemanggilan ke tiga terhadap Suhadi. Dia menjelaskan, pemanggilan itu sepenuhnya kewenangan dari penyidik yang memeriksanya.
“Penyidik yang menetukan kapan pemanggilan ketiga akan dilayangkan,“ ujarnya. Sedangkan pada pemanggilan ketiga bila nantinya yang bersangkutan bersikeras tak datang, kepolisian akan melakukan menjemput paksa. Decky menjelaskan, bila penjemputan paksa itu juga tak membuahkan hasil, maka Suhadi akan dimasukan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Malang. “Sesuai aturan, setalah pemanggilan ketiga, maka akan di DPO-kan,“ tegas Decky. Sementara itu penyidik Satreskrim Unit IV langsung bergerak cepat untuk mengecek keberadaan Suhadi. Informasi yang beredar, beberapa anggota itu memburu Suhadi ke kota Malang.
Dihubungi melalui ponselnya Kanit Idik IV, Ipda Sutiyo SH Mhum, menyatakan dirinya sudah mengecek ke Sekretaris Dewan, bahwa surat pemanggilan kedua sudah sampai ke tangan Suhadi. “Jadi pemanggilan kedua ini sudah layak dan patut secara hukum. Jadi kami tak segan untuk membuat surat pemanggilan ketiga,“ tegasnya. (big/mar)