Bapak-Anak Nyaris Dimassa Usai Curi Burung

KOMPAK :  Suyanto dan FAL, anaknya menunjukkan beberapa barang bukti.

PAKISAJI- Kelakuan bapak dan anak ini tak patut ditiru. Mereka kompak dalam melakukan pencurian. Itu dilakukan Suyanto, 42 tahun dan anak kandungnya bernisial FAL, 16 tahun, warga
Jalan Kemantren Gang II RT 02 RW 03, Kelurahan Bandungrejosari Malang. Keduanya nyaris dihajar massa saat dipergoki mencuri burung Jalak Koci milik Wasis Ariyanto, 32 tahun, warga Desa Sutojayan RT05 RW02 Pakisaji kemarin pagi. ”Dua tersangka ini masih diperiksa secara intensif oleh anggota kami. Sebab, saat digeledah ditemukan bermacam-macam peralatan lainnya yang diduga untuk menjalankan aksi kejahatan,” kata Kapolsek Pakisaji, AKP Ni Nyoman  Sri Erfiandari. Barang-barang yang dimaksud yakni obeng, kunci pas, kunci T dan berbagai kartu identitas (KTP) maupun SIM, yang bukan atas nama kedua pelaku.
”Selain itu, anggota kami juga menemukan pistol mainan yang diduga sebagai alat untuk berbuat kejahatan,” sambungnya. Dia juga akan mengembangkan kasus ini lebih dalam lagi, lantaran diduga tersangka telibat tindak pidana lainnya. Salah satu bukti Suyanto terlibat kejahatan, motor Yamaha Mio yang yang digunakannya diakui merupakan hasil pencurian satu bulan lalu di rumah tetangganya di Kemantren.  Dijelaskannya, bapak dan anak ini berboncengan naik motor Yamaha Mio melewati depan rumah korban yang bekerja sebagai satpam di Kantor Telkom Kepanjen. Melihat di depan rumah, bertengger  burung Jalak Koci, Suyanto pun menghentikan laju motornya. Dia lantas menyuruh FAL untuk mengambil burung tersebut. Nahas baginya, perbuatan itu diketahui oleh tetangga korban yang sedang keluar rumah. Spontan, dia berteriak pencuri hingga membuat Wasis keluar rumah.
”Menggunakan motor, saya kejar kedua pencuri itu,” ujar Wasis. Pengejarannya membuahkan hasil. Tiba di jalan raya Pakisaji, tepatnya di depan Kantor Golkar, jalanan macet. Suyanto pun terpaksa menghentikan motornya. Kesempatan ini tak disia-siakan korban. Dia  langsung meraih tubuh FAL dan mendekapnya. Di saat bersamaan, muncul dua anggota Polsek Pakisaji, Bripka Podahi dan Brigadir Hendrik yang sedang patroli. Mereka ikut membekuk tersangka. Mengetahui ada pencuri tertangkap, beberapa pengguna jalan berhenti dan berusaha menghakimi Suyanto dan FAL. Belum sempat aksi massa terjadi, Podahi dan Hendrik segera mengamankan kedua pelaku ini ke Mapolsek Pakisaji. (big/mar)