Pegawai PJTKI Sandera Mantan TKW

PULANG : Yupita Ramantika hendak naik ke mobil penjemputnya kemarin.

SUKUN- Anggota Polres Malang Kota dan Polsekta Sukun, kemarin siang ’membebaskan’ seorang mantan tenaga kerja wanita (TKW) dari rumah Desi, 35 tahun, pegawai PT. Iin Era Sejahtera di Jalan Bukit Tanggul P-05 Malang. TKW tersebut yakni Yupita Ramarantika, 18 tahun, asal Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari, Jember. Hal ini dilakukan setelah keluarga Yupita memberitahukan kepada polisi karena anaknya disekap lantaran belum menyelesaikan tanggungannya sebesar Rp 13 juta. Keterangan yang dihimpun, Yupita dipulangkan oleh majikannya di Taiwan, saat bekerja di sana selama dua bulan karena gadis ini dianggap tidak profesional dalam menjalankan pekerjaannya.
”Katanya, anak saya sering mainan laptop dan tidak niat bekerja," terang Sujani, ayah kandung Yupita kepada wartawan. Mestinya, sesuai kontrak kerja dari PT Iin Era Sejahtera, dia terikat kontrak selama tiga tahun sebagai pembantu rumah tangga. Kepulangan Yupita ini, tak urung membuat PT. Iin Era Sejahtera membebankan tanggungan sebesar Rp 13 juta sebagai ganti biaya pemberangkatannya tersebut. ”Tapi kami tidak punya uang sebesar itu. Saat anak saya minta dijemput, saya diberitahu kalau tanggungan itu harus dibayar lunas,” lanjutnya. Kedatangan aparat Polres Malang Kota dan Polsekta Sukun akhirnya mempermudah Yupita pulang.
Kasat Intel Polres Malang Kota, AKP Imam Solikin yang turun langsung menjelaskan, perkara Yupita sudah diselesaikan secara kekeluargaan. Dia membeberkan, Yupita berangkat pada 1 Januari 2013 lalu dan dipulangkan oleh majikannya 26 Febuari 2013 lalu. "Kepulangannya itu karena dianggap tidak profesional. Namun, ini sudah diselesaikan dan Yupita mencicil tanggungannya via bank BNI yang sudah ditunjuk,” tegas dia. (sit/mar)