Operasi Hunting, Pelanggar Langsung Ditilang

TERJARING :  Satlantas Polres Malang Kota melakukan razia di Jalan Simpang Balapan kemarin. Beberapa pelajar terjaring dalam razia tersebut.  
MALANG–  Sekitar 99 pelanggar lalu lintas kemarin terjaring razia Satlantas Polres Malang Kota di Jalan Simpang Balapan Malang. Dari total pelanggar tersebut, 75 persen diantaranya adalah pelajar yang belum memiliki SIM. Sedangkan sisanya adalah pelanggar yang tidak memakai helm, plat nomor tidak standar dan menggunakan HP saat berkendara. Mereka yang terjaring ini, langsung ditindak tegas dengan diberi surat tilang sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. “Untuk Operasi Hunting ini, yang kami tindak adalah pelanggar yang terlihat secara kasat mata. Mulai dari plat nomor yang tidak standar, memakai HP,  tidak memakai helm serta tidak dilengkapi dengan STNK atau SIM. Sedangkan kalau yang tidak menyalakan lampu utama, masih kami imbau. Namun berikutnya pasti akan kami tindak,” ungkap Kanit Turjawali Polres Malang Kota, Ipda Sugeng.
Menurut dia, tujuan razia ini sendiri, untuk menekan angka kecelakaan yang masih tinggi. ”Razia ini dilakukan agar pengendara motor bisa tertib dan taat pada peraturan lalu lintas,” kata dia. Ditambahkan Kasubag Humas Polres Malang Kota, AKP Dwiko Gunawan, razia rutin yang dilakukan sejak awal Maret lalu, merupakan menindaklanjuti hasil evaluasi tentang lalu lintas pada bulan Januari dan Februari lalu. ”Banyak pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara motor ataupun pengemudi mobil. Terutama adalah para pelajar SMP atau SMA. Hampir 90 persen para pelajar ini tidak memiliki SIM. Pelanggaran lainnya adalah masih banyak pengendara motor yang tidak memakai helm. Baik itu yang mengendarai motor ataupun yang dibonceng,” papar Dwiko. (agp/mar)