Lab Komputer SMPN 2 Gondanglegi Digarong Maling

BERLUBANG: Dinding ruang laboratorium yang dilubangi dan dijadikan pelaku untuk membawa kabur barang curian.

GONDANGLEGI-Laboratorium (Lab) komputer SMPN 2 Gondanglegi, di Desa Sukorejo, Kecamatan Gondanglegi, Rabu dini hari kemarin dibobol maling. Akibat kejadian itu, enam unit perangkat komputer diantaranya CPU dan monitor, berhasil dibawa kabur pelaku. Sementara kerugian, ditafsir sekitar Rp 40 juta.
Kawanan pencuri menggondol beberapa perangkat computer setelah melubangi dinding ruangan atau persisnya di sisi selatan ruangan yang berdekatan dengan tembok luar sekolah. Dari lokasi kejadian, diamankan jaket warna coklat yang diduga milik pelaku.
Aksi pencurian itu baru diketahui pihak sekolah, saat penjaga sekaligus tukang kebun Warisan, 56 tahun warga Desa Sukorejo, melakukan pengecekan ruangan sebelum ditinggal pulang. Saat mengecek ruang laboratorium, saksi terkejut dengan dinding ruangan yang sudah berlubang. Sementara di dalam ruangan yang terdapat beberapa komputer untuk praktek, turut hilang dan hanya ditinggal mouse komputer.
Sadar jika sekolah yang dijaganya menjadi sasaran pencurian, Warisan lantas mengadukan kejadian ke pihak sekolah. Dari situlah, kemudian diteruskan ke Mapolsek Gondanglegi, untuk dilakukan olah TKP.
“Saya tahunya pencurian itu waktu pagi hari. Sementara saat malam atau dini hari, tidak terdengar bunyi mencurigakan. Makanya, begitu tahu terjadi pencurian, saya langsung melapor ke guru,” kata Warisan.
Saat kejadian, Warisan mengatakan kalau dirinya ada di ruang penjagaan. Lokasinya berjarak sekitar 14 meter sampai 16 meter dari lokasi kejadian.
“Setiap harinya saya yang menjaga sekolah ini. Tapi malam itu, memang tidak terdengar apa-apa,” ungkapnya.
Melihat lokasi kejadian, diduga pelaku masuk dengan cara meloncat pagar sekolah. Sementara saat kabur, pelaku juga memakai jalan semula untuk melarikan diri. Kondisi itu, dikuatkan dengan adanya patahan kayu meja yang berada di sisi tembok sekolah. (sit/jon)