Pura-Pura Beli Malah Mencuri

TANGKAP : Khoirul Huda diperiksa seorang petugas.

TUREN- Khoirul Huda alias Suroso, warga Desa Talok RT04 RW01, Turen berurusan dengan polisi. Pria berusia 24 tahun itu, ketahuan mencuri di toko milik Bejo Kariono, 52 tahun, warga Desa Sanankerto, Turen. Akibat perbuatannya itu, sejak kemarin dia harus mendekam di balik jeruji tahanan Mapolsek Turen. “Tersangka beserta barang buktinya, dibawa oleh pemilik toko beserta warga ke Mapolsek Turen untuk diamankan,“ ujar Kanitreskrim Polsek Turen, Ipda Sudarno kemarin. Dia menjelaskan, kejadian pencurian itu, dilakukan tersangka pada hari Rabu (20/3), sekitar pukul 13.00  Saat itu tersangka datang sendirian ke warung milik Bejo, dengan berpura-pura menjadi pembeli.
Setelah pemilik toko lengah, Huda menjalankan aksinya dengan menyabet dua pak rokok Gudang Garam Surya isi 12 batang, satu pak rokok Djie Sam Soe isi 12 batang dan satu pak rokok Dunhil putih, isi 20 batang. Apesnya, saat memasukan rokok-rokok curian itu, diketahui oleh pemilik warung, Bejo. Dia lantas meneriaki maling-maling, yang membuat tersangka panik dan kabur. Naasnya, saat kabur dari warung, tersangka justru terjatuh dan dapat ditangkap oleh pemilik warung.  Kemudian beserta warga sekitar, membawa pelaku ke Polsek Turen. Sementara itu, tersangka Huda mengaku baru sekali ini melakukan tidak kejahatan.
Dia berdalih, lantaran tempat kerjanya di salah satu pembuatan aneka camilan di Turen sedang sepi orderan, nekat melakukan perbuatan itu. “Tempat kerja saya lagi libur, gak ada orderan. Uang saya menipis, jadi saya terpaksa untuk mencuri,“ katanya kemarin. Dia mengakui, rokok-rokok yang dicurinya itu akan dijualnya kembali untuk memnuhi kebutuhan hidupnya selama tak ada orderan membuat camilan. “Rencananya, uang hasil penjualan rokok mau saya belikan beras dan makanan. Sisanya, uangnya akan saya berikan kepada ibu saya,“ kilahnya. (big/mar)