Tertangkap Curi Kabel Tower

SINGOSARI – Andik Dwi Irawan, warga Dusun Tunggul Ametung RT02 RW08, Candirenggo, Singosari, dini hari kemarin diamankan anggota Polsek Singosari. Pemuda 26 tahun ini, dibekuk setelah tertangkap tangan mencuri kabel tower milik PT Telkom di Perum Puri Kartika Indah, Candirenggo, Singosari. Sementara seorang temannya berinisial MS, berhasil kabur dan hingga kemarin masih diburu. Sedangkan untuk barang bukti sendiri, petugas mengamankan gergaji besi dan potongan kabel fider (kabel signal) yang terpotong. “Kasusnya masih kami kembangkan. Karena ada beberapa TKP pencurian yang dilakukan tersangka ini. Apalagi seorang temannya juga masih belum tertangkap,” ungkap Kanitreskrim Polsek Singosari, AKP Samsul Hidayat.
Mantan KBO Reskrim Polres Malang ini mengatakan, dari keterangan tersangka saat diperiksa, dia mengaku sudah beberapa kali mencuri kabel. Pencurian pertama dilakukan di tower di SMP 2 Singosari, pada 24 Januari lalu sekitar pukul 01.00. Dari aksi pertamanya itu, Andik dan temannya MS berhasil mencuri enam kabel fider ukuran besar masing-masing sepanjang 20 sentimeter.
Kemudian pencurian kedua di tower Perum Puri Kartika Indah, Candirenggo, Singosari, 5 Maret lalu sekitar pukul 01.00. Di aksinya kedua ini pelaku yang beraksi mencuri dengan modus memanjat tower ini, berhasil mengambil kabel fider sepanjang 250 meter. “Pengakuannya kabel hasil curiannya dijual ke tukang besi oleh temannya MS, yang masih kabur. Uang hasil penjualan sendiri, alasannya habis untuk beli makan dan rokok,” tutur Samsul. Tertangkapnya pencurian ini sendiri, bermula dari Suyanto, 51 tahun, warga Dusun Biru, Desa Gunungrejo, Singosari yang bertugas sebagai penjaga tower di Perum Puri Kartika Indah Candirenggo ini, melihat ada orang sedang memanjat tower. Yakin kalau orang yang memanjat itu adalah pencuri, Suyanto, lantas melaporkan ke petugas Polsek Singosari. (agp/mar)