Tong Meledak Saat Dilas

DIAMANKAN : Tong kosong yang meledak diamankan petugas Polsek Wagir.

WAGIR- Warga  Dusun Gedangan, Desa Gondowangi RT12 RW02 Wagir, kemarin siang dihebohkan dengan ledakan yang terjadi di bengkel las milik Wahyudi, 24 tahun, warga sekitar. Akibatnya, seluruh tempat itu porak poranda terkena ledakan. Tak hanya itu saja, ledakan itu membuat pemilik bengkel mengalami luka serius di wajahnya. Informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.30. Usai salat Jumat, Wahyudi berniat meneruskan pekerjaanya sebagai tukang las. Saat itu, bengkelnya menerima orderan untuk memotong sebuah drum yang tertutup rapat dari salah seorang yang belum diketahui identisanya.
Saat itu, seperti biasanya dia bekerja sebagai tukang las sendirian tanpa dibantu oleh seorang pun. Api dari tabung gas itupun dinyalakan oleh Wahyudi. Ketika dia mengarahkan api lasnya itu ke tong kosong, tiba-tiba meledak begitu saja. “Ledakannya seperti suara bom, warga disni kaget tadi,“ ujar Andre, salah seorang warga sekitar. Mendengar ledakan yang dahsyat itu, membuat warga sekitar berhamburan keluar dan mengecek dari mana asalnya. Ternyata, suara ledakan tersebut berasal dari bengkel las milik Wahyudi. Sontak membuat warga tanpa dikomando langsung menolong korban Wahyudi yang terkapar akibat ledakan dari tong kosong itu.
Korban langsung dibawa ke RSSA Malang, untuk menjalankan perawatan yang itensif. Kemudian warga sekitar melaporkan kejadian ledakan itu ke Mapolsek Wagir. Petugas yang menerima laporan itu, langsung mendatangi TKP dan memasang police line. Hasil pemeriksaan sementara yang dilakukan oleh petugas kepolisian, kejadian ini murni kecelakaan kerja. “Tak ada kesengajaan terkait peristiwa meledaknya tong kosong ini. Sementara ini, memang murni kecelakaan kerja yang dilakukan oleh korban sendiri,“ ungkap Kapolsek Wagir, AKP Nuryono SH. Disinggung mengenai penyebab ledakan itu, Nuryono menduga tong kosong itu bekas pengisian lem cair yang mudah terbakar. “Saat diperiksa tadi, tong kosong itu bekas dari lem. Mungkin itu menjadi penyebab tong meledak,” terang dia. (big/mar)