Pulang ke Rumah, Pencuri Diringkus

TAHAN : Heriyadi dan Andik Dwirawan di Mapolsek Singosari.

SINGOSARI – Satu lagi pelaku pencuri kabel tower milik PT Telkom di Perum Puri Kartika Indah, Candirenggo, Singosari, berhasil diringkus petugas unit reskrim Polsek Singosari. Setelah sebelumya petugas menangkap Andik Dwirawan, Jumat (22/3) malam, giliran Heriyadi, 27 tahun, temannya yang ditangkap. Warga Dusun Tunggul Ametung, Desa Candirenggo, Singosari ini diringkus setelah sempat kabur. “Tersangka Heriyadi ditangkap di pinggir jalan saat hendak pulang ke rumahnya. Ketika kami amankan, dia sama sekali tidak melakukan perlawanan,” ungkap Kanitreskrim Polsek Singosari, AKP Samsul Hidayat.
Menurutnya, penangkapan Heriyadi ini, setelah petugas mendengar pengakuan Andik. Dalam pemeriksaan, dia mengaku kalau dirinya mencuri kabel bersama Heriyadi. Berdasarkan keterangan itulah, petugas langsung mencai keberadaan Heriyadi yang kemudian menangkapnya.
Sama dengan pengakuan tersangka Andik, Heriyadi juga mengaku mencuri kabel tower dibeberapa TKP. Pencurian pertama dilakukan di tower SMP 2 Singosari, pada 24 Januari lalu sekitar pukul 01.00. Dari aksi pertamanya itu, Andik dan temannya MS berhasil mencuri enam kabel fider ukuran besar masing-masing sepanjang 20 sentimeter. Kemudian pencurian kedua di tower Perum Puri Kartika Indah, Candirenggo, Singosari, pada 5 Maret lalu sekitar pukul 01.00.
Di aksinya kedua ini, pelaku yang beraksi mencuri dengan modus memanjat tower ini, berhasil mengambil kabel fider sepanjang 250 meter. “Kabel tower itu curian, kami jual kepada tukang rongsokan. Satu kilogram laku sebesar Rp 30.000 dan uang hasil penjualan itu kami bagi berdua dan habis untuk beli makan,” ujar Heriyadi. Pencurian sendiri terkuak, bermula dari Suyanto, 51 tahun, warga Dusun Biru, Desa Gunungrejo, Singosari yang bertugas sebagai penjaga tower di Perum Puri Kartika Indah Candirenggo ini, melihat ada orang sedang memanjat tower. Yakin kalau orang yang memanjat itu adalah pencuri, Suyanto, lantas melaporkan ke petugas Polsek Singosari. (agp/mar)