Empat ABG di Hajar Masa

SINGOSARI – Empat anak baru gede (ABG) asal Desa Toyomarto, Singosari, Jumat malam lalu nyaris menjadi bulan-bulanan warga sekitar Desa Purwoasri, Singosari. Itu setelah mereka tertangkap tangan mau mencuri di SD Negeri Purwoasri – Singosari. Yaitu berinisial FS, 16 tahun, RN, 17 tahun, HD, 15 tahun, dan AD, 14 tahun.
Beruntung emosi warga saat iotu masih bisa tertahan karena melihat pelakunya masih di bawah umur. Tetapi warga yang terlanjur emosi, melampiaskan amarahnya dengan membakar sepeda motor Honda Revo N 4016 ED yang dijadikan sarana mencuri oleh keempatnya.
Dan meski sempat diamankan sehari di Mapolsek Singosari, keempat ABG tersebut akhirnya dipulangkan. Itu setelah para orangtua mereka dipanggil dan diminta untuk membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatannya. Mereka juga diminta untuk wajib lapor setiap Senin dan Kamis.
“Mereka kami pulangkan mengingat usianya masih di bawah umur. Apalagi, mereka juga masih berstatus pelajar,” ungkap Kapolsek Singosari, AKP Arif Eko Prasetyo.
Diperoleh keterangan, peristiwa yang sempat membuat warga sekitar gempar ini, terjadi sekitar pukul 22.00. Sebelum beraksi mencuri, keempatnya berkumpul di rumah salah satu pelaku. Setelah berkumpul, dengan menggunakan sepeda motor pinjaman, mereka yang sudah merencanakan aksi pencurian ini berboncengan empat menuju SD Negeri Purwoasri Singosari.
Begitu tiba di lokasi, mereka lalu masuk ke halaman sekolah. Selanjutnya setelah mengawasi kondisi sekitar aman dan sepi, mereka lalu melancarkan aksinya. Modusnya mereka masuk ke dalam ruangan sekolah dengan mencongkel salah satu jendela.
Namun apes bagi mereka. Belum sampai masuk dan mengambil barang berharga yang diincar, aksinya dipergoki oleh warga sekitar yang lantas meneriaki maling. Kendati keempatnya sempat melarikan diri, tetapi mereka akhirnya berhasil diamankan warga.
Warga sendiri yang sudah terlanjur emosi, membakar sepeda motor yang dijadikan sarana beraksi. Baru setelah itu, bersama barang bukti sepeda motor Honda Revo yang hangus terbakar, keempatnya diserahkan ke petugas Polsek Singosari.(agp)