Penjahat Jalanan Incar Nasabah Bank

Foto: Iriyanto

SINGOSARI– Awas jika mengambil uang dengan jumlah besar di bank. Kamis (28/3) siang, Kepala SD Negeri Pagentan 1 Singosari, Iriyanto, 42 tahun melapor ke polisi. Uang sebesar Rp 403 juta yang dibawanya, raib dibawa kabur pencuri yang mengendarai motor Honda GL. Siang itu, sekitar pukul 11.30, warga Jalan Kertanegara Barat IV, Candirenggo, Singosari ini baru saja mengambil uang di Bank Jatim Jalan Jagung Suprapto Malang, sebesar Rp 400 juta. Usai diambil, uang tersebut langsung dimasukkan ke dalam tas coklat. Di dalam tas itu juga ada amplop berisi uang Rp 3 juta. Setelah itu, Irianto melanjutkan perjalanan pulang dengan mengendarai mobil Toyota Kijang LGX, N 1378 GR.
“Uang yang hilang itu adalah uang Koperasi Pergu. Nantinya saya akan tanggung jawab untuk menggantinya,” ujar Irianto, yang juga Wakil Ketua Koperasi Pergu (Persatuan Guru) di Jalan Kertanegara, Candirenggo, Singosari ini. Ketika perjalanan pulang, saat berhenti di lampu merah Masjid Sabilillah Malang, dia merasakan kalau ban mobil belakang sebelah kiri ada yang aneh. Namun korban masih tetap melajukan motornya. Baru beberapa meter, tepatnya depan Bakso Solo di Jalan Ahmad Yani Malang, ban kiri belakang mobilnya gembos.
“Karena saya curiga ada yang mau berbuat jahat, saat ban gembos itu saya langsung mencari tempat keramaian. Akhirnya saya berhenti di showroom mobil, lalu mengganti dengan ban serep,” paparnya. Setelah diganti, korban kembali melanjutkan perjalanan pulang. Namun ketika melintas di depan Depo Bangunan Jalan Raya Karanglo Singosari, ban serep yang baru dipasang gembos lagi. Akhirnya untuk menghindari pelaku kejahatan, korban kembali mencari tempat aman dengan berhenti di depan toko.
“Maksud saya berhenti di toko itu, mau menitipkan tas ke toko. Tetapi saya panggil beberapa kali pemilik toko tidak keluar,” katanya. Korban pun lalu kembali ke mobilnya dan menaruh uang di jok depan. Selanjutnya dia berusaha memanggil seorang tambal ban, sembari membalas pesan SMS dari istrinya. Ketika baru berjalan beberapa langkah, korban mendengar suara pintu mobilnya tertutup. Dia melihat dua orang dengan berboncengan sepeda motor Honda GL warna merah dan hitam, serta memakai baju lengan panjang motif kotak-kotak kabur ke arah utara sembari membawa tas korban. (agp/mar)