Pencuri Rumah Kosong Tertangkap

TERTANGKAP : Yupiter Romusa dijaga Ipda I Gusti Agung Ananta Pratama.

MALANG– Setelah beberapa hari diburu, pelaku pencurian di rumah kosong Jalan Cisadane 2 Malang, akhirnya berhasil dibekuk petugas Reskrim Polsekta Blimbing, awal pekan lalu. Tersangkanya Yupiter Romusa, 48 tahun. Dia ditangkap di rumahnya di Jalan Bareng Tenes IV B Malang.  “Dari penangkapan dia ini, kami mengamankan barang bukti berupa dua buah linggis kecil yang digunakan sebagai alat mencongkel jendela rumah,” ungkap Kanitreskrim Polsekta Blimbing, Ipda I Gusti Agung Ananta Pratama. Penangkapan Romusa sendiri, menurut mantan Kanitlaka Polres Malang Kota ini bermula dari tertangkapnya Prambudi Wicaksono. Warga Jalan Candi Badut, Kelurahan Mojolangu, Lowokwaru ini, ditangkap massa ketika sedang menunggu Romusa beraksi mencuri.Prambudi yang diserahkan ke Polsekta Lowokwaru karena kasus curanmor ini, mengaku kalau dirinya beraksi mencuri dengan Yupiter Romusa. Berdasarkan pengakuan itulah, petugas kemudian memburu Romusa. Setelah beberapa hari, akhirnya Romusa berhasil diamankan.
“Tersangka Romusa ini, merupakan residivis kambuhan. Dia sudah enam kali keluar masuk penjara sejak tahun 1998 lalu karena kasus pencurian,” ujar Agung. Sementara itu, aksi pencurian yang dilakukan Romusa bersama Prambudi ini, terjadi 22 Maret lalu sekitar pukul 17.00. Dengan berboncengan sepeda motor Yamaha Vega, keduanya yang dalam kondisi mabuk ini berhenti di depan rumah dr Bambang, yang kondisinya sepi. Saat berhenti itu, mereka dilihat oleh dua orang satpam, Gito dan Joko yang sedang patroli.
Ketika kedua saksi sudah tidak ada, Romusa yang bertugas sebagai eksekutor masuk ke dalam rumah dengan mencongkel jendela. Sedangkan Prambudi menunggu di depan. Disaat Romusa sudah masuk ini, kedua saksi kembali bersama beberapa warga. Mereka hanya melihat Prambudi saja. Karena saat ditanya jawabannya selalu berbeda, dan saat melihat jendela rumah korban terbuka, warga yang Yakin Prambudi adalah pencuri langsung memukulinya. Sedangkan Romusa, yang dikepung berhasil kabur dengan melompat genting rumah warga. Baru awal pekan lalu Romusa yang diketahui berada di rumahnya, petugas langsung menangkapnya. (agp/mar)