Pencuri Rumah Kosong Dibekuk

Ripto Himawan

Penangkapan
MALANG– Hampir sebulan diburu, satu dari tiga pelaku pencurian di rumah kosong milik Lilis Lisnaryanti, 35 tahun, di Jalan Karya Timur, Gang Wonosari Malang, berhasil ditangkap petugas Reskrim Polsekta Blimbing. Tersangkanya Junaidi alias Gundul, 30 tahun, warga Jalan Karya Timur Gg V Malang. Dia ditangkap petugas di dekat rumahnya ketika sedang pesta minuman keras (miras). Dari tangannya, petugas mengamankan satu buah pahat yang dijadikan alat untuk mencuri di rumah korban. Sedangkan dua pelaku lainnya yang diketahui bernama Doni dan Mulyono, hingga kemarin masih kabur. “Untuk kasusnya masih kami kembangkan. Karena masih ada dua pelaku lain yang masih kabur. Selain itu, kami juga masih mengembangkan ke TKP pencurian lainnya,” ungkap Kapolsekta Blimbing, Kompol Rofik Ripto Himawan.
Diperoleh keterangan, aksi pencurian yang dilakukan Junaidi Cs ini, terjadi 10 Maret lalu sekitar pukul 16.00. Saat kejadian, rumah korban dalam kondisi kosong karena ditinggal pergi ke luar kota. Ketika ditinggal kosong inilah, Junaidi dan dua temannya yang sebelumnya sudah mengincar langsung beraksi. Modus operandi yang dilakukan mereka, yaitu dengan menggunakan alat pahat, mereka masuk ke dalam rumah dengan merusak pintu depan. Begitu pintu terbuka, tanpa kesulitan mereka langsung masuk dan menjarah beberapa barang berharga. Diantaranya tiga buah HP, satu buah laptop serta uang sebesar Rp 500.000.
Usai melancarkan aksinya, pelaku kemudian kabur lewat jalan semula. Barang-barang hasil curian sendiri, dijual kepada seseorang. Uang hasil penjualan barang curian tersebut, kemudian dibagi bertigas. Sedangkan sisanya digunakan untuk pesta minuman keras. Terungkapnya aksi pencurian ini sendiri, bermula dari tersangka Junaidi yang sedang mabuk minuman keras ini ngomel dengan sendirinya. Dia mengatakan kalau pernah mencuri di rumah korban. Dari omelannya itu, ternyata didengar oleh petugas Reskrim Polsekta Blimbing. Akhirnya berdasarkan pengakuan itu, petugas langsung menangkap Junaidi alias Gundul ini. (agp/mar)