Waspada Isu Kriminal Terkait Pemilukada

MALANG- Kalem, tenang namun tegas. Seperti itulah gambaran AKP Arief Kristanto, SH. SIK, Kasatreskrim Polres Malang Kota yang baru menggantikan Kasatreskrim lama, AKP James Hutajulu. Usai serah terima jabatan (sertijab) di Rupatama Polres Malang Kota kemarin, dia meminta masyarakat untuk tidak segan-segan melaporkan peristiwa tindak kriminal yang terjadi. “Kecepatan dalam memberikan laporan ini, juga akan mempercepat proses penyelidikan yang dilakukan anggota kami,” ujar mantan Kasatreskrim Polres Tuban tersebut. Dalam beberapa hari  kedepan, Arief, sapaannya segera meningkatkan dan mengoptimalkan anggota di kesatuannya untuk mengungkap kasus-kasus yang terjadi di Kota Malang.
“Kami akan memantau kinerja anggota dan memberikan motivasi untuk mengungkap kasus-kasus yang ada seperti curanmor, penjambretan ataupun perampasan motor sekaligus berkoordinasi dengan antar Polsek dan Polres,” papar lulusan Akpol tahun 2003 tersebut. Namun demikian, masih menurut mantan Kanit Idik II Satreskrim Polrestabes Surabaya itu, peran serta masyarakat untuk memberikan informasi dan melaporkan atas tindakan kriminal yang terjadi, merupakan point penting dalam pengungkapan sebuah kasus.
Sementara, Wakapolres Malang Kota, Kompol Wiyogo Pamungkas yang memimpin sertijab Kasatreskrim meminta agara Arief memiliki strategi kerja dalam 100 hari kedepan. “Seperti upaya yang akan dilakukan dalam mencapai target 100 hari tersebut. Sebab, kejahatan itu akan akan terus berkembang. Ada dimensi baru dalam kejahatan sekarang,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Wakapolres Tulungagung itu. Salah satunya adalah tetap ikut melakukan monitoring terhadap isu-isu kriminal yang berhubungan dengan Pemilukada Kota Malang. (mar/nug)