Mirip Ijazah, Bisa Digadaikan

CONTOH : Kasatlantas Polres Malang, AKP Dwi Sumrahadi Rakhmanto  menunjukkan contoh sertifikat sementara pengganti BPKB.

SKPS
KEPANJEN – Tak hanya di Polres Malang Kota, stok material untuk pembuatan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) di Polres Malang, ternyata juga kehabisan. Akibatnya, pemilik kendaraan baru yang ingin mendapatkan BPKB harus bersabar, sampai beberapa bulan ke depan.
Itu disampaikan langsung oleh Kasatlantas Polres Malang, AKP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, kepada wartawan di ruang Eksekutif Polres Malang kemarin siang. Menurut dia, habisnya stok material BPKB itu karena adanya keterlambatan pengiriman dari Korps Lantas Mabes Polri.
“Material BPKB ini habis bukan hanya di sini (Polres Malang) atau di wilayah Jawa Timur. Tetapi diseluruh Polda atau Polres di Indonesia, stok material BPKB juga habis. Diperkirakan habisnya stok material ini sampai bulan Juni,” ungkap Dwi Sumrahadi.
Namun untuk mengantisipasi habisnya stok material BPKB tersebut, atas perintah dari Dirlantas Polda Jatim telah dibuatkan Surat Keterangan Pengganti Sementara (SKPS) yang bentuknya seperti ijazah. SKPS ini sendiri fungsi dan legalitasnya sama dengan BPKB. Bahkan, SKPS ini juga   bisa digadaikan.“Kalau nanti bulan Juni stok material sudah ada, SKPS ini akan kami ganti dengan BPKB. Masyarakat yang memegang SKPS bisa segera menukarkan dengan BPKB,” ujar Dwi.
SKPS ini sendiri, lanjutnya memiliki ciri-ciri lambing khusus yang menunjukkan keasliannya. Sehingga orang tidak akan mudah dan bisa untuk memalsukan SKPS. “Habisnya stok material BPKB ini, sudah sejak sebulan lalu. Dan keterlambatan pengiriman material BPKB ke beberapa daerah, dikarenakan masih dalam proses tender,” katanya.
Bagaimana jika SKPS itu hilang ? Menurutnya, jika SKPS ini sampai hilang, maka untuk pengurusan yang baru tetap harus melalui prosedur pengurusan BPKB. Yakni dengan meminta bukti laporan kehilangan serta keterangan bahwa SKPS tidak digadaikan.
“Di Polres Malang ini, dalam satu bulan saja perubahan BPKB mulai dari permintaan BPKB baru, mutasi atau balik nama  ada sekitar 9000. Jadi tinggal dikalikan saya, berapa dalam setahun material BPKB yang dibutuhkan,” paparnya.(agp/nug)