Pabrik Camilan Kuping Gajah Terbakar

HANGUS : Pabrik makanan ringan UD Gajah Bangkit, yang hangus terbakar Selasa dini hari kemarin.

DAMPIT- Bangunan pabrik makanan ringan UD Gajah Bangkit, milik H Nur Basori, 44 tahun, warga Dusun Kedawung, RT 23 RW 03, Desa Majatengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang terbakar dini hari kemarin. Bangunan yang terbakar itu nyaris rata dengan tanah. Kerugiannya ditaksir mencapai Rp 130 Juta.
Basori menjelaskan, kejadian itu diketahui sekitar pukul 04.00 WIB, saat dirinya mendengar suara gemeretak di bangunan pabrik yang terletak di samping rumahnya. “Saya pikir suara kembang api milik Pindad yang sedang merayakan ulang tahun. Tak tahunya api di tempat penggorengan sudah membesar,” ungkapnya kemarin.
Melihat api yang sudah membesar, otomatis membuatnya meminta tolong dengan membangunkan karyawan dan juga warga sekitar. Ratusan warga pun bahu membahu memadamkan si jago merah dengan peralatan maupun air seadanya. Kebakaran itu, juga dilaporkan ke petugas Pemadam Kebakaran (PMK).
Api baru bisa dipadamkan dua jam kemudian. Sedangkan dua mobil PMKmilik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang datang sekitar pukul 06.30 Penyebab kebakaran, masih diselidiki Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri cabang Surabaya dan petugas identifikasi Polres Malang.
“Kalau api berasal dari hubungan arus pendek saya kira tidaklah. Soalnya, semua aliran listrik dan lampu di pabrik saat malam hari kami matikan. Tujuannya untuk menghemat biaya dan mengurangi beban pemakaian listrik,“ terangnya kepada wartawan. Dia pun bersyukur, kobaran api tak sampai merambat ke rumahnya yang terletak disamping pabrik itu. Petugas kepolisian langsung melakukan olah TKP.
Kepolisian belum bisa menyimpulkan penyebab terjadinya kebakaran pabrik yang dikenal sebagai pembuatan camilan kuping gajah ini. “Kami belum bisa menduga atau memperkirakan penyebab terjadinya kebakaran. Karena saat ini olah TKP masih berlangsung,“ kata Kapolsek Dampit, AKP Indro Susetiyo. (big/aim)