Pemasok Ganja LP Ditangkap di Tajinan

KURIR GANJA : Dua kurir ganja pemasok ke LP Lowokwaru, RA, 16 tahun dan Zaenal Arif, 18 tahun bersama barang bukti pesanan penghuni LP.

Pesanan Penghuni LP Lowokwaru
MALANG – Daun ganja kering seberat 3/4 kilogram yang hendak diselundupkan ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (LP) Lowokwaru, Sabtu malam berhasil digagalkan petugas Polsek Tajinan. Itu setelah petugas berhasil mengamankan dua pemuda yang diketahui sebagai kurir yang bertugas mengirim ganja ke dalam LP.
Mereka adalah berinisial RA, 16 tahun dan Zaenal Arif, 18 tahun. Keduanya warga Jalan Imam Bonjol, Desa Codo, Kecamatan Wajak. Mereka ditangkap setelah terjaring razia petugas di Jalan Raya Dusun Purboyo, Desa Purwosekar, Tajinan. Barang bukti sebanyak tiga poket ganja seberat tiga perempat kilogram ditemukan di dalam jok sepeda motornya.
“Semula ketika akan digeledah mereka ini tidak mengaku. Namun setelah dilakukan penggeledahan dan ditemukan barang bukti itu, mereka lalu diamankan yang selanjutnya diserahkan ke Satuan Reskoba Polres Malang,” ungkap Kasubag Humas Polres Malang, Ipda Soleh Mas'udi.
Menurut Soleh, dalam pemeriksaan penyidik ganja kering yang dibawanya itu merupakan titipan dari SK. SK sendiri adalah terpidana yang kini sedang menjalani hukuman di LP Lowokwaru. Zaenal yang merupakan kurir SK ini, sehari sebelum ditangkap ditelpon oleh SK untuk mengambil barang haram tersebut di tempat sampah sekitar Alun-alun Kota Batu.
Begitu barang dikuasai, Sabtu malam sekitar pukul 20.30, Zaenal mengajak RA untuk mengantarkan ganja ke dalam LP Lowokwaru. RA dijanjikan akan diberi upah Rp 100.000. Sedangkan Zaenal sendiri, mendapat upah Rp 300.000 untuk sekali kirim.
“Pengiriman barang itu dilakukan dengan melemparkan ganja dari luar dinding LP. Namun sebelum barang dilempar, Zaenal terlebih dahulu menghubungi SK kalau barang mau dikirim,” ujar Soleh.
Namun dalam perjalanan menuju LP Lowokwaru, keduanya dihentikan oleh petugas Polsek Tajinan yang sedang melakukan razia. “Saya sudah dua kali mengirim ganja ke dalam LP. Dan ini mau ketiga kalinya tetapi sudah ditangkap lebih dulu. Ganja itu dikirim dari Aceh,” kata tersangka Zaenal.(agp/aim)