Pengedar Ganja Diringkus

Tersangka Harianto

MALANG – Peredaran Narkotika di wilayah Kabupaten Malang  masih harus terus diwaspadai. Kemarin, Harianto, 30 tahun, warga Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kediri ditangkap petugas karena menjadi pengedar narkotika jenis daun ganja kering.
Penangkapan Harianto, hasil dari pengembangan tersangka Saiful Abdullah, warga Dusun Juewt, Desa Tunjungtirto, Singosari, yang diringkus lebih dulu pada awal Mei lalu. Saiful sendiri adalah pemakai daun ganja kering.
Kasubag Humas Polres Malang, Ipda Soleh Masu’di menuturkan, Harianto ditangkap di Mangga Dua – Kota Surabaya. Penangkapan Harianto ini, setelah petugas membuntutinya selama beberapa hari. Begitu diketahui dia membawa barang haram ganja, petugas langsung mengamankannya.
“Dia (Harianto, red) ini, berhasil ditangkap berdasarkan pengakuan dari tersangka Saiful yang lebih dulu diamankan. Saat diperiksa, Saiful ‘bernyanyi’ kalau dia mendapatkan ganja dari Harianto. Berdasarkan itulah petugas langsung memburunya dan berhasil menangkapnya. Barang bukti yang diamankan darinya sepoket ganja kering,” ungkap Soleh Masu’di.
Sementara itu, dalam pemeriksaan penyidik, Harianto mengaku kalau dirinya mendapatkan ganja dari seorang temannya bernama Sumo, di Kediri. Sepoket ganja dibeli dengan harga Rp 100 ribu. Kemudian dia jual lagi kepada Saiful seharga Rp 150 ribu.
“Saya dua kali menjual ganja kepada Saiful. Biasanya saat memesan ganja, Saiful menghubungi saya via telepon. Kemudian setelah ada barang, kami lalu janjian ketemuan di Surabaya. Selain saya jual ganja itu sebagian juga saya pakai sendiri,” terang tersangka Harianto.(agp/aim)