Anggota Polres Malang Ikuti Tes Urine Dadakan

ZERO DRUGS: BNN Kabupaten Malang melakukan tes urine kepada semua anggota Polres Malang.
 
KEPANJEN– Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Malang, kemarin pagi mengadakan tes urine dadakan di Mapolres Malang. Seluruh anggota Polres Malang, tanpa terkecuali diminta menjalani tes urine seusai giat apel pagi. Mulai dari anggota berpangkat bintara hingga AKBP sekalipun menjalani tes. Kepala Plt BNN Kabupaten Malang, AKBP Basuki Effendi SH mengatakan, bahwa tes urine ini, dilakukan untuk mengetahui apakah ada anggota di Polres Malang yang positif memakai narkotika. Tes urine tersebut, juga mengkampanyekan bahwa Malang Resort Police Must Be Zero Drugs. Yang intinya bahwa Polres Malang, bersih atau bebas dari narkotika.
“Tes urine ini diikuti oleh sekitar 200 personil Polres Malang, yang kemarin ikut apel pagi. Kampanye zero narkoba ini, bukan semata untuk menjustifikasi anggota. Melainkan untuk memberikan pemahaman sekaligus pencegahaan supaya tidak ada penegak hukum yang terlibat narkoba,” ungkap Basuki Effendi SH. Basuki melanjutkan, bahwa tes urine untuk semua anggota polisi ini, merupakan kebijakan dari Polda Jatim dan BNN Jawa Timur. Dimana seluruh anggota kepolisian yang bertugas di wilayah Jawa Timur, harus menjalani tes urine dan bebas dari narkoba.
Hasil dari tes urine kemarin sendiri, tak satupun anggota di Polres Malang yang positif mengkonsumsi narkotika. Namun, tes urine seperti ini tetap akan terus dilakukan kapapun saja dan secara dadakan. “Sejauh ini, di Polres Malang belum satupun anggota yang positif mengkonsumsi narkotika. Kalaupun diketahui positif, nantinya juga akan dilakukan pembinaan. Karena tes urine ini bukan sarana menjustifikasi seseorang melakukan tidan pidana narkoba. Tetapi sebagai bukti awal memberikan pemahaman atau ajusment apa penyebab anggota tersebut menggunakan narkoba,” terang Basuki, yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pemberantasan BNN Provinsi Jawa Timur. (agp/mar)