Tiroad Lepas, Bus Timpah Rumah Warga

Kondisi kendaraan bus ketika masih mendarat di atas rumah warga setelah jatuh ke dalam jurang.

AMPELGADING – Bus jurusan Malang – Lumajang, siang kemarin terperosok ke dalam jurang sedalam lima meter di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, yang berbatasan dengan wilayah Lumajang. Bus masuk jurang dan mendarat di atas rumah warga, karena tiroad roda depan sebelah kanan lepas.
Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. 16 penumpang yang ada di dalam bus selamat. Hanya enam orang yang mengalami luka ringan dan dibawa ke Puskesmas Pronojiwo – Lumajang. Sementara keadaan bisa dan rumah milik warga rusak berat.
Hingga petang kemarin, proses evakuasi bus yang dikemudikan Yanto, warga Lumajang itu masih berlangsung. Dibantu warga dan mobil alat berat, petugas harus menurunkan awak bus yang masih nangkring di atap rumah warga.
“Kecelakaan itu adalah kecelakaan tunggal. Hanya korban luka-luka ringan, tidak sampai ada korban jiwa. Sekarang ini, anggota Pos Laka Lantas Turen, masih berada di lokasi untuk mengevakuasi bus,” ungkap Kanitlaka Polres Malang, Ipda Purnomo.
Diperoleh keterangan, kecelakaan tunggal tersebut terjadi sekitar pukul 11.00. Kejadian bermula kendaraan bus yang berpenumpang 16 orang, perjalanan dari Selatan ke Utara dengan tujuan Lumajang. Sebelum masuk jurang, bus semula berjalan normal meski kondisi jalan berbelok dan sedikit tanjakan.
Ketika melintas di lokasi kejadian ini, tiba-tiba tiroad roda depan sebelah kanan bus lepas. Otomatis bus pun langsung oleng. Yanto sopir bus yang menyadarti, tidak bisa mengendalikan bus.
Akibatnya bus langsung terjun ke dalam jurang yang kemudian menimpah rumah warga yang persis di bawah jurang. Masyarakat sekitar yang mengetahui kejadian itu, langsung menolong para penumpang. Sebagian warga lainnya melaporkan ke petugas Laka Lantas Polres Malang.(agp/nda)