Wartawan Bukan Musuh, Tapi Teman

MALANG - Ada oleh-oleh menarik dari pelatihan kehumasan bidang public speaking, yang diselenggarakan Divisi Humas Mabes Polri, di Hotel Novotel Jogjakarta, pada 23-24 Mei lalu. Dimana setiap Kasubag Humas di jajaran Polres se-Indonesia, diminta untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat. Termasuk menjalin hubungan dengan wartawan.
Ipda Soleh Mas'udi, Kasubag Humas Polres Malang yang menjadi salah satu peserta dari pelatihan itu, mengatakan bahwa fungsi humas sangatlah sentral. Sebab Humas, tidak hanya diminta untuk memberi informasi secara transparan. Tetapi juga diminta mampu meyakinkan masyarakat, bahwa polisi mampu memberikan atau mewujudkan keamanan di dalam negeri.
“Itu berlaku untuk semua polisi. Tidak hanya polisi yang bertugas di Mabes, Polda ataupun Polres. Tetapi polisi yang bertugas di Polsek, juga diminta untuk bisa meyakinkan masyarakat bahwa polisi mampu mewujudkan keamanan dalam negeri ini,” ungkap Soleh Mas'udi.
Dalam pelatihan yang bekerjasama dengan Content Creative Indonesia (CCI) ini, Humas juga diminta harus bisa menjalin hubungan dengan wartawan. Itu karena wartawan bukanlah musuh, melainkan adalah teman. Karena jurnalislah yang selama ini menyampaikan program-program Polri kepada masyarakat.
“Disini jelas, bahwa nantinya kami (polisi) diminta untuk lebih transparan lagi dengan wartawan. Sebab sekecil apapun informasi sangat dibutuhkan untuk disampaikan kepada masyarakat. Bahkan, kami juga dilarang untuk no coment,” ujar mantan Kanitreskrim Polsek Tirtoyudo ini.
Pelatihan kehumasan public speaking sendiri, selain diikuti seluruh Kasubag Humas, juga diikuti oleh Humas Pertamina. Selain Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Suhardi Alius, pengarahan tentang kehumasan juga disampaikan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar.(agp/aim)