Polsek Batu Tangkap Pencuri dan Penadah Motor

BATU– Zainal Arifin, 27 tahun, warga Jalan Dorowati, Kelurahan Sisir, Kota Batu dan Didik Karyanto, 42 tahun, warga Desa Pujonlor, Pujon ditangkap anggota reskrim Polsek Batu, akhir pekan kemarin. Keduanya ditangkap karena terlibat dalam pencurian motor Honda Supra Fit, W 6588 PZ milik Mbulu Hambalati, 23 tahun, warga Sumbawa di tempat parkir wisata Batu Night Spectaculer (BNS), Februari lalu.  Informasi yang dihimpun, Zainal dan Tono, temannya asal Porong Sidoarjo semula bekerja di warung milik korban. Keduanya biasa menggunakan motor Mbulu untuk berbagai keperluan berdagang atau lainya.  
Suatu saat, Tono yang saat ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) menyuruh Zainal Arifin untuk menggandakan kunci motor Supra Fit itu. Warga Sisir itupun tidak kesulitan menggandakan kunci motor saat membawanya keluar.  Setelah digandakan, Zainal menyerahkan kunci itu kepada Tono. Berikutnya, Tono kemudian mengambil motor tersebut dengan mudah di lokasi parkir objek wisata malam hari itu. “Zainal kemudian membawa motor itu dan menggadaikan kepada Didik Karyanto di Pujon,” ungkap Kapolsek Batu, AKP Slamet Riadi, kemarin.  Petugas sendiri sempat memeriksa pengelola parkir BNS untuk melakukan penyelidikan. Diperoleh keterangan, jukir sangat kenal dengan motor tersebut milik salah satu pedagang di dalam BNS. Karena sudah terbiasa parkir, jukir tidak memberikan karcis.  
“Kami juga juga mendapatkan informasi mengenai ciri-ciri orang yang mengambil motor. Selanjutnya, kami melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap salah satu tersangka di rumah istrinya di Ngantang. Setelah kami mengembangkan, kami ikut menangkap penadahnya,” kata dia.  Sementara itu Didik Karyanto menjelaskan, dia saat itu menyerahkan uang gadai sebesar Rp 1 juta. Dia mau menyerahkan uang tersebut kepada Zainal karena tidak lama kendaraan akan ditebus kembali. Namun dia kemudian ditangkap terlebih dahulu oleh petugas Polsek Batu. (feb/mar)