Dikepung Polisi, Mobil Rampasan Ditinggal

MALANG - Menjelang mengakhiri masa jabatannya sebagai Kapolres Malang Kota, AKBP Teddy Minahasa Putra SH, SIK ikut mengejar kawanan perampas mobil, Senin (10/6) malam yang beraksi di Jalan Danau Maninjau Raya RT02 RW08, Sawojajar, Malang. Dia memimpin langsung puluhan anggota dari berbagai polsek jajarannya serta anggota Tim Crime Cruiser (TCC) Satreskrim Polres Malang Kota untuk memblokir jalan-jalan yang diperkirakan digunakan pelaku untuk membawa kabur mobil Toyota Yaris, 2012, N 100 NA milik Filemon Adhi Pratama, 23 tahun, warga Jalan Danau Maninjau Raya Malang.     
Informasi yang dihimpun, malam itu sekitar pukul 22.30, Adhi, sapaan korban baru saja pulang dari kuliah. Sampai di depan rumahnya, dia turun dari mobil dan membuka pagar rumah untuk memasukkan mobil. Sementara, mesin mobil masih dalam keadaan hidup. Tak disadarinya, dua pelaku mengendarai satu motor mendekat. Seorang diantaranya turun dari motor dan menodongkan sepucuk pistol yang diduga airsoft gun ke tubuh korban. “Saya sempat berusaha melawan. Namun kalah,” tutur Adhi kepada polisi. Saat dia tidak berdaya, pelaku yang bertubuh sedang ini langsung melarikan mobil ke arah utara.
Peristiwa ini sempat dilihat oleh  satpam Arsat Slamet Prayitno, 59 tahun, yang tinggal di Jalan Hamid Rusdi Timur Malang dan Mujiono, 55 tahun, warga sekitar. Saat itu juga, kejadian ini dilaporkan ke Mapolsek Kedungkandang.  Saat itu juga, polisi pun mengudarakan peristiwa perampasan mobil itu melalui HT. Informasi ini ditanggapi anggota Sabhara dan Lalu Lintas semua polsek serta Polres Malang Kota menyebar dan melakukan pengepungan ke beberapa jalan yang diduga akan dijadikan jalur pelaku melarikan diri. “Untungnya, di mobil tersebut terpasang alat Global Positioning System (GPS). Saat dicek, dilihat pelaku membawa kabur mobil itu ke arah Batu,” ujar Kapolsekta Kedungkandang, Kompol Sutiono.
Saat itu, Teddy, sapaan perwira dengan dua melati di pundaknya memimpin pengejaran dan berkoordinasi dengan jajaran Polres Batu serta polsek-polsek seperti Pujon dan Ngantang. “Sehingga, sekitar pukul 02.00, mobil yang dirampas berhasil ditemukan di daerah hutan jati Dusun Ngebrong, Desa Tawangsari, Pujon. Pukul 03.00, mobil dibawa ke Polres Malang Kota,” lanjut Sutiono. Sayangnya, para pelaku sudah kabur saat polisi tiba. Saat diperiksa, plat nomor mobil sudah berubah menjadi N 8512 AT. Informasi yang didapat Malang Post, beberapa saksi di sekitar Alas Ngebrong, mengatakan dua orang keluar dari dalam mobil dan langsung berboncengan naik dua motor menuju arah Ngantang. (mar)