Pemuda Kangean Sikat Motor

APES: Polisi menunjukkan tersangka Kagis dan barang bukti motor yang dicuri.

MALANG- Kagis Nurusjaman, 19 tahun, asal Kecamatan Arjasa, Kepulauan Kangean, Sumenep diamankan di Mapolsekta Lowokwaru, kemarin. Dia diketahui mencuri motor Yamaha Vega, N 3432 DY milik Eki, 20 tahun saat diparkir di depan Warung Rejeki, Jalan Raya Tlogomas Malang. Menurut Kapolsekta Lowokwaru, Kompol Bayu Indra Wiguno, hingga semalam tersangka masih dalam penyelidikan intensif petugas. “Tersangka masih kami periksa sebab dia diduga juga melakukan kejahatan lain di wilayah Lowokwaru,“ ungkapnya.
Dijelaskan dia, tersangka mengaku melakukan pencurian itu saat korbannya masuk ke dalam Warung Rejeki. Saat itulah, Kagis yang sudah mengincar motor tersebut, mengeluarkan kunci palsu dan memasukkannya ke dalam lubang kunci kontak. Begitu mesin motor sudah bisa dihidupkan, pemuda yang sering berpindah-pindah tempat tinggal di Lowokwaru dan Dau ini, menuntunnya hingga jauh dari Warung Rejeki. Tanpa disadari, korban mengetahui perbuatannya tersebut. “Korban pun berteriak pencuri kepada tersangka hingga akhirnya tersangka memilih kabur meninggalkan motor,“ papar mantan Kasatreskrim Polres Malang ini.
Apes bagi tersangka Kagis karena usahanya untuk melarikan diri berhasil dihadang oleh beberapa orang di sekitar lokasi kejadian. Saat itu juga, dia dihajar. Nyawanya terselamatkan, saat salah seorang anggota Bhabinkamtibmas Polsekta Lowokwaru datang dan mengamankannya. “Dia dan barang buktinya dibawa ke polsek. Dalam penyelidikan sementara, dia mengatakan kalau kunci motor masih menempel di lubang kontak sehingga dia mudah untuk mengambil motor. Namun hasil pemeriksaan petugas, terlihat lubang kontak dibandrek. Bahkan yang menempel masih kunci palsu,“ tegas Bayu, panggilannya. (mar)