Dua Jambret Tertangkap Massa

TERTANGKAP : Lukman dan Cipto, dua jambret yang tertangkap massa diamankan di Mapolsekta Lowokwaru.

MALANG- Dua jambret yang biasa mengincar kalung emas, tertangkap massa, Rabu (12/6) pagi di depan gang II Jalan MT Haryono, Malang. Yakni Lukman, 30 tahun, warga Dusun Banjar Kota, Desa Banjar Kajen, Kecamatan Pandaan, Pasuruan dan Cipto, 25 tahun, warga Kedungbanteng, Kecamatan Rembang, Pasuruan. Mereka dipergoki menjambret kalung emas seberat 10 gram milik Susi, 58 tahun, warga sekitar. Menurut Kapolsekta Lowokwaru, Kompol Bayu Indra Wiguno, saat ini anggotanya sedang mengembangkan kasus tersebut.
“Ada dugaan kedua tersangka sudah berulangkali melakukan penjambretan,“ terangnya. Dia menjelaskan, dari tangan para tersangka diamankan satu kalung emas milik korban dan  satu unit motor Suzuki Satria, N 5255 TL. “Mereka sengaja  datang dari Pasuruan untuk mencari sasaran di Kota Malang, yakni ibu-ibu yang memakai kalung emas,“ sambungnya. Informasi yang dihimpun, sekitar pukul 06.00, Lukman dan Cipto tiba di Jalan Soekarno Hatta Malang dan membeli makan di sekitar TKP.
Saat selesai makan itulah, keduanya melihat korban berjalan di sekitar TKP hendak berbelanja. Melihat calon mangsanya seorang diri, Lukman yang membonceng Cipto segera memacu motornya mendekat ke Susi yang tidak menduga akan menjadi korban kejahatan. Begitu dekat, Lukman sendiri yang menarik kalung emas hingga putus. “Tapi korban cukup cekatan dan sigap menarik tangan tersangka yang menarik kalung emasnya. Kedua tersangka langsung jatuh dari motor,“ ungkap mantan Kasatreskrim Polres Malang ini.
Warga sekitar dan pengguna jalan yang melihat kejadian ini sontak berdatangan. Tanpa dikomando, mereka menghajar Lukman dan Cipto yang terjatuh dari motor. “Saat itu, ada petugas Polsekta Lowokwaru lewat dan mengamankan kedua tersangka. Hingga hari ini (kemarin) mereka masih diperiksa intensif karena mengaku baru kali ini melakukan penjambretan,“ pungkas Bayu. (mar)