Gelapkan Mobil Teman

PENIPU: Tersangka Rizal Hardiansyah meringkuk di Polres Malang karena melakukan penipuan dan penggelapan.

GONDANGLEGI– Rizal Hardiansyah, warga Desa Gondanglegi Wetan, Gondanglegi, sejak Kamis (13/6) lalu meringkuk di balik terali besi Polres Malang. Pria 35 tahun ini, terjerat kasus penipuan dan penggelapan mobil. Dia dilaporkan Mido, temannya sendiri yang tinggal di Jalan Trunojoyo, Kepanjen. Kepada wartawan, Rizal, panggilan akrab tersangka mengatakan, penipuan dan penggelapan mobil yang dilakukannya, bermula dari sewa menyewa mobil. Akhir April 2013 lalu, dia menyewa mobil Toyota Avanza, N 852 DC selama 10 hari kepada Mido dengan harga Rp 250.000 per hari.
“Uang sewa selama 10 hari tersebut sudah saya lunasi sebesar Rp 2,5 juta. Uangnya saya serahkan saat menyewa mobil di hari pertama” ujar pria yang bekerja sebagai tukang servis elektronik ini. Namun setelah 10 hari masa sewa habis, mobil Avanza warna putih itu tidak dikembalikan. Tersangka berdalih mobil itu disewakan lagi kepada seorang temannya bernama Sony, warga Jalan Cakalang Kota Malang. Mobil disewakan lagi, selama sebulan dengan biaya sewa Rp 5,5 juta.
“Mobil saya sewakan ke Sony, juga atas pengetahuan korban. Saya sendiri, berani menyewakan mobil itu pada Sony karena percaya. Sebab sebelumnya saya juga diiming-imingi untuk dicarikan pinjaman uang di salah satu bank,” tutur dia. Tetapi sampai sebulan lebih, mobil tak kunjung dikembalikan. Korban pun menagih mobil itu kepada Rizal. “Ternyata, saat mobil itu saya minta kepada Sony, dia mengatakan kalau mobilnya disewakan kembali kepada orang lain,” urai Rizal. Korban yang merasa mobilnya bakal tidak kembali memilih melaporkan penipuan dan penggelapan itu ke Satreskrim Polres Malang.
Hanya selang beberapa saat setelah pelaporan itu, tersangka berhasil diamankan dan dibawa ke Mapolres Malang. “Saya ini sebenarnya tertipu juga. Namun karena yang meminjam pertama saya, ya akhirnya saya yang harus bertanggungjawab,” pungkasnya. Sedangkan Kasubbag Humas Polres Malang, Ipda Soleh Mas’udi memaparkan tersangka Rizal ditangkap di rumahnya setelah ada laporan dari pihak korban. Ketika diamankan, dia sama sekali tidak melakukan perlawanan. (agp/mar)