Pengedar Puluhan Pil LL Dibekuk

MALANG - Upaya anggota Satreskoba Polres Malang Kota melawan narkoba terus ditegakkan. Tidak peduli barang haram apa yang diperdagangkan. Setelah melakukan penyidikan sekian lama, jajaran reserse anti narkoba itu merilis penangkapan Ahmad, 23 tahun, warga Jalan Batu Martil, Malang. Dia dibekuk saat mengedarkan puluhan pil LL di Jalan Bukirsari Malang. Menurut Kasubbag Humas Polres Malang Kota, AKP Dwiko Gunawan SH, pihaknya menyita puluhan pil LL dan uang tunai Rp 300.000. Uang itu diduga hasil dari berjualan pil tersebut.
Dijelaskannya, penangkapan terhadap tersangka Ahmad ini, setelah polisi sempat mengamankan seorang remaja pemakai pil LL yakni MK. “Dari MK inilah, ada pengakuan bahwa dia membeli pil yang dikonsumsinya dari tersangka AH (Ahmad),” terangnya. Namun, untuk menangkap tersangka ini tidak semudah yang dibayangkan. Polisi harus melakukan penyanggongan beberapa hari di rumahnya ataupun di tempat biasa tersangka kongkow-kongkow.
Hasilnya, setelah dilakukan penyanggongan, polisi mendapat informasi bila Ahmad terlihat berada di daerah Jalan Bukirsari Malang. Tanpa menunggu waktu, beberapa anggota reserse narkoba ini memburu jalan itu. “Informasi itu benar dan anggota berhasil mengamankan tersangka AH,” tegas dia. Saat digeledah, polisi menemukan puluhan pil LL yang diduga hendak dijual.
Menurut mantan Kasatreskrim Polres Batu itu, anggota Satreskoba Polres Malang Kota masih memburu jaringan tersangka Ahmad. “Memang banyak informasi yang masuk ke polisi bahwa di kota Malang ini masih banyak narkoba, utamanya pil LL beredar di kalangan anak-anak muda. Termasuk pula, informasi bahwa tidak sedikit barang haram itu yang beredar. Ini yang harus kita berantas. Peran serta orang tua juga penting untuk menyelamatkan generasi muda ini,” tutup Dwiko. (mar)