Ribuan Keping VCD dan DVD Bajakan Disita

PENGEDAR : Ribuan keeping VCD dan DVD bajakan yang berhasil disita bersama tersangka yang mengedarkannya di Pasar Garotan, Desa Beringin, Kecamatan Wajak.

MALANG - Ribuan keping VCD dan DVD bajakan, akhir pekan lalu berhasil disita petugas Reskrim Polres Malang. Barang aspal (asli tapi palsu) tersebut, diamankan dari seorang pemuda asal Pamekasan - Madura yang indekos di Jalan Muharto Kota malang, yakni Djufriyadi, 27 tahun. Dia diamankan petugas saat berjualan di Pasar Garotan, Desa Beringin, Kecamatan Wajak.
Kasubag Humas Polres Malang, Ipda Soleh Mas'udi, mengungkapkan penangkapan tersangka Djufriyadi ini, hasil kerjasama dengan anggota Asosiasi Pedagang dan Produsen Rekaman Indonesia (APPRI). Polisi mendapat kabar ada penjualan VCD dan DVD bajakan di Pasar Garotan Wajak. Berdasarkan informasi itu, polisi bersama anggota APPRI langsung melakukan penyelidikan. Setelah dipastikan benar bahwa kepingan VCD dan DVD itu palsu, petugas langsung menangkapnya.
"Ketika kami amankan, tersangka sama sekali tidak melakukan perlawanan. Dia mengakui semua perbuatannya. Dan untuk barang bukti rinciannya, 1775 keping VCD, 417 keping DVD, dua buah tas, HP serta sepeda motor," ungkap Soleh Mas'udi.
Sementara itu, dalam pemeriksaan, tersangka yang mengaku baru 3 bulan tinggal di Malang ini, mengatakan mendapat VCD dan DVD dengan berbagai jenis lagu-lagu dangdut dan film anak-anak itu dari seorang sales. Dia dikirimi setiap hari oleh sales sejak dua bulan lalu. Namun untuk berjualannya baru setengah bulan lalu.
"Satu keping VCD saya beli dari sales seharga Rp 2200, kemudian saya jual Rp 3000. Sedangkan untuk DVD saya beli seharga Rp 3800, lalu saya jual Rp 4000. Penghasilan saya setiap hari tidak banyak, mungkin hanya sekitar Rp 10.000 saja," tutur tersangka Djufriyadi ini.(agp/aim)