Tiga Tertangkap, Polisi Buru Empat Rampok Truk

MALANG – Tiga dari tujuh pelaku perampokan truk nopol S 8264 UX yang terjadi 11 Juni lalu di Jalan Raya Dusun Kendalsari, Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, berhasil diamankan. Satu pelaku diamankan di Polsek Karangploso dan dua pelaku lagi diamankan di Polres Batu. Sedangkan empat pelaku lainnya sampai kemarin masih buron.
Tersangka yang diamankan di Polsek Karangploso atas nama Agus Susanto, 28 tahun, warga Dusun Sidowayah, Desa Celep, Sidoarjo. Dan dua pelaku yang kini meringkuk di Polres Batu, adalah Heri serta Muhammad Taufik alias Abah, warga Sidoarjo. “Dua tersangka yang diamankan di Polres Batu itu, karena kasus pencurian sapi,” ungkap Kapolsek Karangploso AKP Sugeng Hardianto.
Sementara empat pelaku lain yang kini namanya masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) diantaranya Achmad alias Gendut, Rokim, Fauzan serta Dartok. Keempatnya ini adalah warga Sidaorjo. “Untuk empat pelaku yang masih buron, saat ini masih kami buru. Yang jelas identitas mereka sudah kami kantongi,” ujar mantan Kaureg Ident Polres Malang Kota ini.
Aksi perampokan terjadi sekitar pukul 20.00. Korbannya adalah Kusman, 40 tahun, warga Dusun Caru, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo – Kota Batu yang diketahui sopir truk. Serta kenaknya Suji, 52 tahun, warga Desa/Kecamatan Ngoro – Jombang.
Ceritanya, malam itu truk bermuatan ikan asin yang dikemudikan Kusman ini, melintas di Jalan Raya Dusun Kendalsari, Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso. Ketika melintas di tempat yang sepi, laju truk dihadang oleh tujuh pelaku yang mengendarai mobil Avanza hitam nopol W 1634.
Begitu truk berhenti, para pelaku langsung menodongkan senjata ke arah  kedua korban dengan mengancam akan membunuh. Selanjutnya Kusman serta Suji, digiring masuk ke dalam mobil Avanza. Kedua tangan serta kaki mereka diikat dengan kawat, dan mulut ditutup dengan menggunakan lakban.
Setelah itu keduanya dibawa ke wilayah Kejayan – Pasuruan. Kemudian di lokasi yang sepi, sopir serta kenek truk tersebut dibuang. Kedua korban baru ditemukan oleh warga keesokan harinya, yang kemudian diantarkan melapor ke polisi. “Dari pengakuan tersangka Agus ini, truk dijual pada seseorang di Jember seharga Rp 27 juta. Uangnya kemudian dibagi rata,” ujar Kapolsek.
Sementara itu, terungkapnya aksi perampokan itu sendiri, dikatakan Kapolsek setelah mereka ditangkap di wilayah Jawa Tengah. Karena mereka bertiga ini terlibat kejahatan di Malang, mereka lalu dilimpahkan. Dua tersangka dilimpahkan ke Polres Batu dan satu tersangka ke Polsek Karangploso.(agp/aim)