Dana Nasabah Allianz Rp 350 Juta Digelapkan

MALANG - Jefri Adi Chandra, 40 tahun, berurusan dengan hukum. Warga Jalan Digul Malang ini, ditangkap setelah dua tahun menggelapkan dana nasabah asuransi PT. Allianz Life Indonesia.
Dia tidak berkutik ketika beberapa petugas Polsekta Kedungkandang menangkapnya di Hotel Shangrila Surabaya, akhir pekan kemarin. Tersangka Jefri, begitu dia biasa disapa, dilaporkan karena menggelapkan dana beberapa nasabah asuransi Allianz Malang hingga mencapai Rp 350 juta. Untuk keamanannya, polisi menitipkan Jefri di ruang tahanan Polres Malang Kota.
Informasi yang didapat Malang Post, kedok Jefri terbongkar saat pihak Allianz menemui nasabahnya bernama Agus Siyono dan Indah Kumalasari, istrinya yang tinggal di kawasan Madyopuro Malang. Kepada nasabahnya tersebut, pihak Allianz Malang mengatakan bila keduanya masih menunggak uang premi selama dua tahun yang nilainya Rp 350 juta.
“Orang tua saya memang mengikuti asuransi proteksi dan jiwa Allianz Malang. Setiap bulan, orang tua saya memang membayarkan premi itu lewat Jefri,” tutur Freddy Yap, 38 tahun, anak kandung Agus Siyono.
Dijelaskan dia, setiap bulan, pengusaha snack dan camilan tersebut menitipkan premi hingga Rp 20 juta. “Tiba-tiba kami kaget saat pegawai Allianz datang dan mengatakan kami menunggak pembayaran premi. Kami pun mengaku kalau sudah menitipkan pembayaran uang itu lewat Jefri. Dia yang datang ke kantor di Madyopuro untuk mengambil uang tersebut,” paparnya.
Sadar kalau menjadi korban penipuan dan penggelapan, keluarga ini lantas melaporkan Jefri ke Mapolsekta Kedungkandang setelah memegang bukti-bukti penggelapan itu.
Freddy menjelaskan, keluarganya dan polisi pun memancing Jefri yang sudah kabur dari Malang. Hasilnya, saat diajak untuk bertemu di Hotel Shangrila Surabaya, Jefri pun datang.
“Anggota kami yang menangkap langsung membawanya ke Malang. Setelah diperiksa unit reskrim, kami memilih untuk menitipkannya ke Polres Malang Kota,” ujar Kapolsekta Kedungkandang, Kompol Sutiono.  
Dikonfirmasi kasus itu, Direktur PT. Allianz Life Indonesia Jalan Jaksa Agung Suprapto Malang, Winarni membenarkan bila Jefri pernah menjadi karyawan di perusahaan asuransi itu.
“Namun, sejak tahun 2011 lalu, dia sudah tidak aktif lagi di sini. Saya menekankan, ini ulah oknum yang perbuatannya menjelekkan nama perusahaan asuransi,” tegasnya kepada wartawan. (mar)