Teman Kuliah Pasar Ganja Rizky

MALANG POST - Penyidik Satreskoba Polres Malang Kota terus memeriksa secara intensif  Rizky Anugerah Gautama, 23 tahun, warga Jalan Sulfat Malang. Informasi yang didapat Malang Post, anak salah seorang anggota DPRD Kota Malang tersebut diketahui berhubungan dengan warga Jakarta untuk pembelian narkoba jenis ganja. Berbagai poket ganja yang diamankan dari tangannya, diakui merupakan ‘barang’ asal Jakarta yang kualitasnya cukup bagus untuk ukuran ganja. “Ganja itu lantas dibagi-bagi per poket atau lintingan dan dijual. Rata-rata harganya mencapai Rp 100.000 hingga Rp 500.000,” ujar sumber terpercaya Malang Post di Polres Malang Kota.
Ganja-ganja itu, beberapa diantaranya diisapnya sendiri dan sebagian lagi dijual ke teman-teman kuliahnya. “Menurut dia, teman-teman kampusnya memang pangsa pasar yang potensial untuk perdagangan ganjanya. Jadi selepas dari LP Lowokwaru dulu, dia kembali menjual ganja. Bisnis penjualan ganjanya cukup lumayan karena beberapa kali dia melakukan transaksi dengan bandarnya di Jakarta untuk minta kiriman ganja,” ungkap dia. Kepada wartawan, Kasubbag Humas Polres Malang Kota, AKP Dwiko Gunawan SH mengatakan, selain tertangkap dalam pemilikan ganja, Rizky, juga positif mengonsumsi narkoba saat dibekuk.
“Saat ini RAG (Rizky) sudah kami tahan untuk proses penyelidikan lebih lanjut,” ujar mantan Kapolsek Wajak itu. Hampit sama dengan pasal yang dijeratkan kepadanya tahun 2010 lalu, polisi menahannya karena Rizky dianggap  melanggar Pasal 111 Ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. “Ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun penjara,” tegas Dwiko. Seperti diberitakan sebelumnya, Rizky kembali ditangkap anggota Satreskoba Polres Malang Kota karena terlibat kepemilikan narkoba jenis ganja.
Informasi yang didapat Malang Post, dia dibekuk persis di depan rumahnya Jalan Sulfat Malang. Dari tangannya, polisi menyita barang bukti empat linting dan dua poket ganja kering. Namanya disebut oleh tersangka bernama Wawan alias Iwan yang tinggal di Jalan Sudimoro Malang, yang ditangkap karena memiliki dua poket ganja. Sebelumnya, Kapolres Malang Kota, AKBP Totok Suharyanto SIK, M.Hum menegaskan tersangka Rizky masih disidik. (mar)