Polisi Tangkap Penjual Ribuan Petasan

SINGOSARI- Guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan ini, Polsek Pakis melakukan razia petasan di Pasar Pakis kemarin. Hasilnya, petugas mengamankan Supianto warga Jalan Tumapel gang 2b Singosari karena kedapatan menjual petasan dengan jumlah yang banyak, yakni 3.600 petasan.
Informasi yang berhasil dihimpun, sebelum melakukan razia, polisi banyak  mendapat laporan keluhan dari masyarakat akan banyaknya pedagang petasan yang berjualan. Mendapat keluhan dari masyarakat polisi segera bertindak dengan melakukan penyelidikan terlebih dahulu. Dari penyelidikan itu kemudian melakukan razia ke pasar Singosari.
Dari hasil razia polisi kemudian tertuju ke tempat tersangka berdagang. Saat dilakukan penggeledahan ternyata terbukti tersangka menjual petasan. Polisi kemudian mengamankan tersangka beserta barang bukti 3.600 petasan yang berada dilapak daganganya. Tersangka kemudian digelandang petugas ke polsek Singosari.
“Dari pengakuan tersangka kepada petugas,  Petasan berbagai ukuran itu didapatnya dari seorang sales asal Pasuruan yang datang ke lapak daganganya. Kemudian oleh tersangka dibeli, dengan dijual kembali di Pasar Pakis ini,” ungkap Kanit Reskrim Polsek Pakis, Ipda Hariyani. Menurutnya, pelaku terpaksa diamankan karena menjual petasan dalam jumlah di atas wajar seperti pada umunya pedagan petasan lainnya. “Dengan jumlah 3.600 petasan tersebut, tentunya sangat berbahaya baginya maupun orang yang berada di sekitarnya. Selain itu, bahan pembuatnya bisa dibilang cukup berbahaya,” tutur Hariyani.
Kini tersangka terancam merayakan lebaran kali ini di balik jeruji. Selain itui, pada persidangan nanti, hukuman 10 tahun penjara telah menantinya. Tersangka dijerat dengan UU Darurat Tahun 1951 pasal 1 ayat 1 dengan hukuman maksimal 10 tahun penjara,” pungkasnya. (big/aim)