Kapolres Pimpin Patroli Keliling Kota

MALANG - Tanpa direncanakan sebelumnya, Kapolres Malang Kota, AKBP Totok Suharyanto SIK, M.Hum langsung mengajak beberapa kepala satuan di jajarannya, melakukan patroli keliling kota, usai berkunjung ke beberapa media di Malang. Masih tetap menggunakan motor besar milik Satlantas Polres Malang Kota, dia mengelilingi beberapa ruas jalan kota dan mengawasi arus lalu lintas di kawasan Dinoyo dan Jalan Soekarno Hatta Malang. Setelah itu, motornya pun digeber menuju kantor BCA Rampal. Sampai di sana, perwira yang low profile itu masuk ke dalam bank dan berbincang dengan manajemen bank tersebut.
“Salah satu yang kami lihat juga tentang sistem pengamanan yang sudah dilakukan oleh pihak bank. Kami juga meminta bank tetap meningkatkan kewaspadaan selama bulan Ramadan, Lebaran dan libur Lebaran. Agar tidak lengah, pihak bank juga kami minta untuk melaporkan kepada kepolisian jika ada hal-hal yang mencurigakan atau terjadi sesuatu yang mengganggu kamtibmas,” tuturnya kepada wartawan. Usai dari bank tersebut, Totok dan rombongan perwira ini kemudian melanjutkan patrolinya ke arah Pasar Besar Malang (PBM). Di sana, mantan Waka Polres Malang Kota itu menuju beberapa toko emas, salah satunya Toko Emas Dua Permata.
Dia lantas melihat sistem keamanan yang sudah diterapkan di toko tersebut sekaligus mewanti-wanti pemiliknya untuk meningkatkan keamanan terutama saat naiknya transaksi jual beli emas. “Kami berikan imbauan agar lebih berhati-hati karena aksi pencurian dengan kekerasan (curas) seringkali muncul saat-saat seperti ini,” tegas dia. Menurut pria yang pernah menjabat sebagai penyidik madya Unit V Dit Tipiter Bareskrim Polri itu, patroli itu ditujukan untuk menjaga seluruh aktifitas masyarakat baik ibadah Ramadan dan aktifitas rutin berjalan dengan aman, tertib dan kondusif.
Kasubbag Humas Polres Malang Kota, AKP Dwiko Gunawan SH, menjelaskan selain melihat sistem keamanan di tempat-tempat perdagangan emas, orang nomor satu di Polres Malang Kota itu juga menyempatkan untuk mencek jumlah anggota bersenjata yang bertugas di areal PBM sembari meminta anggotanya untuk tetap semangat dalam meningkatkan pengamanan wilayah dengan kewaspadaan tinggi. Di bagian lain, Polsekta Sukun berhasil mengungkap kasus curanmor dengan barang bukti Honda Revo, N 3903 AE milik Supriadi, 24 tahun, warga Gadang. “Tersangka yang ditangkap yakni Ibrahim, 26 tahun, warga Jalan Kepuh Malang. Dia melakukan pencurian di halaman salah watu warnet. Sekarang kasusnya masih dikembangkan anggota,” terang Kapolsekta Sukun, Kompol Lukman Cahyono SH, SIK. (mar)