Imbau Pemudik Budal Awal

MALANG - Mengantisipasi kemacetan dalam arus mudik nanti, Satlantas Polres Malang Kota mengimbau kepada para pemudik untuk budal (mudik) lebih awal. Program yang sudah dijalankan selama tiga tahun oleh Kapolda Jatim itu, terbukti efektif untuk mengurangi kemacetan H-2 dan H-1 Lebaran. Kasatlantas Polres Malang Kota, AKP Erwin Aras Genda SH, SIK menjelaskan, imbauan itu merupakan ajakan untuk masyarakat yang mudik ke kampung halamannya, untuk budal lebih awal sebelum H-2 Lebaran. “Hasil kampanye lalu lintas ini memang signifikan. Sudah tiga tahun, hasilnya cukup mengurangi kemacetan di jalan-jalan yang digunakan pemudik,” katanya.
Dia mengharapkan, dengan budal lebih awal ini, masyarakat yang mudik juga akan kembali ke Malang lebih awal dibandingkan pemudik lainnya. Paling tidak, menurutnya, H+2 Lebaran, masyarakat sudah kembali ke Malang tanpa diganggu dengan kemacetan yang luar biasa. Khusus untuk kota Malang, lanjut lulusan Akpol 2003 itu, pihaknya akan lakukan imbauan untuk para wisatawan yang datang. “Kota Malang memang bukan jalur utama untuk mudik, tetapi imbauan kepada wisatawan yang datang untuk tertib berlalu lintas, kami sampaikan melalui pos-pos lalu lintas yang sudah disiagakan,” terang dia mewakili Kapolres Malang Kota, AKBP Totok Suharyanto SIK, M.Hum.
Dijelaskan lulusan PTIK 2010 itu, imbauan mudik awal ini direspons sekitar 95 persen para pengusaha di kota Malang untuk meliburkan karyawan menjelang Lebaran. “Pemkot Malang juga mendukung selama ini,” tegas Erwin, sapaannya. Di sisi lain, penggemar olahraga jogging ini juga meminta kepada masyarakat yang mudik dengan menggunakan roda dua (motor) untuk tidak mengangkut beban terlalu banyak. “Diusahakan tidak berpenumpang lebih dari dua orang. Termasuk jangan terlalu membawa banyak barang. Hasil evaluasi selama ini, kecelakaan di saat Lebaran memang masih didominasi oleh kendaraan roda dua,” pungkas mantan Kasatlantas Polres Malang tersebut. (mar)