Ocean Garden Tak Punya Izin

MALANG - Setelah terbakar, Ocean Garden Jalan Trunojoyo harus berhadapan dengan masalah perizinan. Pemkot Malang pastikan restoran tersebut  tidak memiliki berbagai izin yang mestinya harus dilengkapi.
Tidak hanya Ocean Garden Jalan Trunojoyo saja yang tak memiliki izin, Ocean Garden  yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta juga dipastikan tidak memiliki izin. Izin yang belum dimiliki  yakni IMB, izin gangguan atau HO dan sertifikat tanda daftar usaha pariwisata (TDUP) restoran.
‘’Ocean Garden di Jalan Trunojoyo tidak memiliki IMB dan izin gangguan. Kami sudah cek dan memang tidak memiliki izin. Berkasnya juga tidak ada,’’ jelas Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Malang, Suharyono, kemarin.
Padahal, menurut Suharyono,  mengurus izin sebenarnya tidaklah sulit. ‘’Sepanjang berkasnya lengkap dan sesuai prosedur, pasti segera diproses dan secepatnya bisa selesai,’’ ujarnya.
Tidak hanya itu saja, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata juga memastikan tidak pernah menerbitkan  rekomendasi Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) restoran, untuk Ocean Garden di Jalan Trunojoyo maupun Ocean Garden di Jalan Soekarno Hatta. Padahal semua restoran sebenarnya harus memiliki TDUP.
‘’Ocean Garden belum pernah mengajukan rekom untuk TDUP restoran,’’ jelas Kadis Kebudayaan dan Pariwisata. Ida Ayu Wahyuni.
Sesuai Perda 11 tahun 2010 tentang penyelenggaraan usaha pariwisata, semua usaha jasa pelayanan makanan dan minuman wajib memiliki TDUP. Sebelum sertifikat TDUP diterbitkan, pemilik restoran wajib mendapat rekomendasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.
Untuk mendapat rekomendasi TDUP restoran, pemilik restoran wajib memenuhi sejumlah persyaratan.  Diantaranya wajib memiliki IMB dan izin gangguan, lalu diserahkan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk mendapat rekomendasi TDUP restoran. Rekomendasi TDUP restoran itulah yang menjadi syarat utama mendapat sertifikat TDUP restoran.
Owner Ocean Garden, Makhrus Soleh yang dihubungi terpisah mengakui pihaknya belum memiliki izin yang harus dipenuhi. Namun demikian, Makhrus memastikan pihaknya sudah mengajukan berkas mendapatkan IMB, HO dan TDUP restoran.
‘’Kami sudah mengajukan izin sejak lama. Enam bulan lalu mengajukan berkas lagi. Jadi izinnya masih proses,’’ terangnya.
Disisi lain, berdasarkan informasi yang dihimpun Malang Post, Ocean Garden Jalan Trunojoyo bakal sulit mendapatkan IMB dan izin gangguan. Pasalnya lahan yang ditempati miliki PT KAI. PT KAI diprediksi tidak mudah memberi izin pendirian bangunan diatas lahannya. (van/avi)