Langgar Tiga Perda, Satpol Panggil Ocean Garden

MALANG - Setelah terungkap tak memiliki izin, Satpol PP pastikan segera panggil manajemen Ocean Garden Jalan Trunojoyo. Restoran yang baru saja terbakar itu diduga melanggar tiga perda sekaligus.
‘’Kami segera  memanggil manajemen Ocean Garden di Jalan Trunojoyo. Antara dalam pekan ini atau pekan depan. Kami pasti meminta klarifikasi untuk diproses,’’ jelas Kepala Satpol PP Kota Malang, DR Handi Priyanto AP, MSi, kemarin.
Berdasarkan catatan Satpol PP, Ocean Garden diduga melanggar sejumlah perda. Yakni Perda 16 tahun 2007 tentang HO atau izin gangguan, Perda 4 tahun 2012 tentang IMB.
Selain itu melanggar pula Perda 11 tahun 2010 tentang penyelenggaraan usaha pariwisata. Dalam Perda tersebut, restoran harus memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP). Namun kenyataannya, sampai saat ini pemkot tak pernah menerbitkan TDUP restoran untuk Ocean Garden.
‘’Saat memanggil nanti, kami meminta manajemen Ocean Garden membawa izin yang disyaratkan atau wajib dimiliki. Nanti langsung di klarifikasi untuk diproses,’’ jelas mantan Camat Blimbing ini.
Jika tak memiliki semua izin yang diwajibkan, Handi memastikan langsung diproses untuk diberi sanksi. Sanksi akan diberikan sesuai jenis pelanggaran yang terungkap dalam pemeriksaan petugas.
Lebih lanjut ia mengatakan, sebenarnya Satpol PP pernah memanggil manajemen Ocean Garden Jalan Trunojoyo terkait IMB  pada beberapa tahun lalu. Namun saat itu tak bisa diproses lantaran bangunan Ocean Garden merupakan bangunan non permanen.
‘’Karena Perda  no 4 tahun 2012 tentang IMB hanya mengatur tentang bangunan permanen. Sedangkan bangunan non permanen tidak diatur dalam perda tersebut,’’ katanya.
Namun belakangan muncul bangunan permanen berlantai dua milik Ocean Garden. Bangunan berlantai dua yang bebas dari amuk si jago merah itulah yang menjadi fokus pemeriksaan Satpol PP.
Untuk mempercepat proses pemeriksaan, Handi memastikan tidak lagi meminta data tentang perizinan yang dimiliki Ocean Garden Jalan Trunojoyo. Pasalnya sudah jelas bahwa restoran tersebut memang tak memiliki izin.
Seperti diberitakan Malang Post sebelumnya,  Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Malang memastikan Ocean Garden Jalan Trunojoyo tak memiliki HO dan IMB.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata juga pastikan tak penah menerbitkan rekomendasi TDUP Restoran untuk Ocean Garden. Padahal semua restoran mestinya mengurus rekomendasi TDUP agar diproses  untuk memiliki sertifikat TDUP. (van/avi)