Pulang dari Kalimantan, Pencuri Sapi Ditangkap

DIBUI : Tersangka Sulistyono, dikawal petugas Polres Malang.

MALANG – Setelah setahun lebih menjadi buronan, Sulistyono, 29 tahun, Rabu lalu akhirnya berhasil dibekuk petugas Buser Polres Malang. Warga Desa Simojayan, Kecamatan Ampelgading ini, ditangkap karena kasus pencurian sapi. Dia dibekuk di rumahnya ketika pulang dari perantauan.
Dengan ditangkapnya Sulistyono ini, maka dari empat pelakunya tinggal satu pelaku yang sampai kini masih buron. Yakni berinisial Ag, warga Ampelgading. Sedangkan dua pelaku lainnya yaitu Riyono dan Yuli, warga Kecamatan Dampit, sudah ditangkap sekitar setahun lalu.
“Tersangka Sulistyono ini, kami tangkap di rumahnya setelah kami mendapat informasi kepulangannya. Selama menjadi buronan, tersangka mengaku kabur ke Kalimantan,” ungkap Kasubag Humas Polres Malang, Ipda Soleh Mas’udi.
Informasi yang diperoleh, Sulistyono ini selama setahun lebih namanya masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Dia terlibat kasus pencurian sapi di tiga lokasi pada 2012 lalu. Diantaranya sekali di Desa Sumbersuko Kecamatan Dampit, dan dua kali di wilayah Kecamatan Turen, yaitu di Desa Talangsuko dan Sananrejo.
Selama beraksi, tersangka Sulistyono mengaku selalu berempat. Dia bertugas mengemudikan kendaraan truk yang dijadikan sarana beraksi, sekaligus bertugas menuntun sapi. Setiap satu TKP, kawanan ini selalu berhasil membawa kabur dua ekor sapi.
“Sapi hasil curian itu dijual kepada seseorang warga Desa Kasembon, Bululawang. Setiap habis menjual saya selalu mendapat bagian Rp 2 juta. Dan untuk yang menggambar lokasi pencurian siapa tidak tahu, sebab saya hanya diajak dan tugas saya hanya menjadi sopir. Uang hasil penjualan sapi itu, habis untuk mencukupi kebutuhan keluarga dan biaya kabur ke Kalimantan,” terang tersangka Sulistyono.(agp/aim)