Ratusan Lovebird Hangus

LUDES  : Rumah Sukardi ludes dilahap si jago merah.

Diduga gara-gara pompa air listrik korslet,  rumah milik Sukardi di Jalan Simpang Ranu Grati Dalam I No 1 ludes dilahap api, Kamis (22/8) subuh kemarin. Akibatnya keluarga tersebut mengalami kerugian hingga Rp 500 juta. Ratusan burung lovebird ikut hangus terbakar.
Si jago merah mulai mengamuk di rumah Sukardi sekitar jam 03.00 WIB. Saat api mulai membakar rumah berukuran 300 meter persegi itu, keluarga Sukardi sedang tertidur. Seorang putri Sukardi, Riska mendadak terbangun dari tidurnya setelah menduga adanya kebakaran.  Ia terkaget lalu membangunkan seisi rumah setelah melihat api mulai berkobar.
Sukardi dan anak-anaknya bersama tetangga  dan PMK langsung  berjibaku memadamkan api. Api baru bisa dijinakan sekitar jam 06.00 WIB. Dilahap api selama tiga jam, praktis seisi rumah ludes.
“Seisi rumah habis, ya ludes terbakar. Selain perabotan rumah, burung yang diternak juga ikut terbakar semuanya. Kerugian paling banyak dari burung yang diternak,” kata Sukardi.
Menurut pria 70 tahun itu, burung yang diternak di rumahnya itu merupakan burung  yang dijual dengan harga mahal.  Seekor burung lovebird misalnya memiliki harga Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta.
“Bahkan ada burung love bird yang harganya mencapai Rp 20 juta. Tapi akibat kebakaran ini, semua burung peliharaan kami hangus terbakar,” ujarnya.  
Jumlah burung yang terbakar itu sekitar 320 ekor. 120 ekor merupakan burung lovebird, sedangkan 200 ekor lainnya burung kenari.
Rif'attus Soleh, salah seorang keluarga Sukardi dan Imroni Muhtado, putra ketiga Sukardi mengatakan hal senada. Burung yang diternak di rumah Sukardi merupakan burung yang harganya sangat mahal.
Setelah dilahap api, kini  Sukardi bersama keluarganya  mengungsi ke rumah tetangga. Polisi juga sudah melakukan olah TKP. Bahkan hingga kemarin siang masih terpasang police line di rumah tersebut. (van/nug)