Bawa SS, Kateng Disergap

Tersangka Dikyono alias Kateng

KEPANJEN – Budak narkotika asal Purwosari. Kabupaten Pasuruan, Minggu petang lalu diamankan petugas Satreskoba Polres Malang. Tersangkanya Dikyono alias Kateng, 31 tahun, warga Desa Sekarmojo. Dia dibekuk di jalan raya depan Pasar Lawang, saat hendak membeli bensin.
Dari tangan dia, petugas mengamankan sepoket sabu-sabu (SS) seberat 0,3 gram yang disembunyikan dalam bungkus rokok. Akibat perbuatannya itu, bapak satu anak ini dijerat dengan pasal 112 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Ancaman hukumannya minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun kurungan penjara.
“Sebenarnya ada dua orang. Namun seorang temannya yang bernama Soleh, berhasil kabur ketika akan disergap,” ungkap Kasubag Humas Polres Malang, Ipda Soleh Mas’udi.
Mantan Kanitreskrim Polsek Tirtoyudo ini menambahkan, penangkapan Dikyono berdasarkan informasi yang masuk ke anggota Reskoba Polres Malang. Depan Pasar Lawang sering dijadikan tempat transaksi narkotika. Berangkat dari informasi itulah, petugas kemudian melakukan penyelidikan. Begitu tersangka melintas, petugas langsung menangkapnya.
Sementara itu, dalam pemeriksaan tersangka mengaku kalau dirinya hanya suruhan. Dia diberi uang oleh temannya yang kini kabur untuk dibelikan sabu-sabu. SS itu diakuinya dibeli dari Jono, warga Pasuruan.
“Saya membeli SS sepoket Rp 300 ribu pada Jono. Jono itu adalah juragan saya, di tempat pemotongan kayu. Karena dijanjikan akan diajak menghisap SS, apalagi juga karena ingin merasakan bagaimana rasanya, saya mau saja ketika diminta membelikan,” tutur tersangka Dikyono.(agp/aim)