Bobol Kotak Amal

KARANGPLOSO – Tidak memiliki uang lantaran nganggur, membuat Imron Ghozali, 43 tahun gelap mata. Warga Desa Girimoyo, Karangploso ini, nekat mencuri uang dalam kotak amal di Masjid Syarif Hidayatullah yang tempatnya tak jauh dari rumahnya, Rabu malam lalu. Namun aksinya tidak berjalan mulus, karena keburu kepergok warga yang langsung menangkap dan menyerahkan ke Polsek Karangploso. Barang bukti yang diamankan dari tersangka, selain kotak amal yang sudah dalam keadaan rusak, juga obeng untuk mencukit dan uang sebesar Rp 41.500. “Tersangka dan barang bukti sudah kami amankan. Dia mengaku nekat mencuri karena butuh uang,” ungkap Kapolsek Karangploso, AKP Sugeng Hardianto.
Diperoleh keterangan aksi pencurian yang dilakukan Imron ini, terjadi sekitar pukul 22.00. Malam itu, tersangka yang sudah merencanakan aksinya, berangkat dari rumahnya dengan membawa alat sebilah obeng.   Setelah memastikan kondisi sekitar masjid aman, tersangka lalu masuk. Selanjutnya dengan berbekal obeng yang dibawanya, dia lalu merusak gembok kotak amal. Begitu terbuka, tersangka lantas mengambil uangnya yang kemudian buru-buru pergi meninggalkan Masjid.
Apes bagi tersangka Imron. Belum sempat melangkahkan kaki keluar dari area Masjid, aksinya dipergoki salah satu warga sekitar yang kebetulan melintas. Yakin bahwa tersangka ini baru mencuri, saksi lalu berteriak maling hingga mengundang warga sekitar. Selanjutnya bersama-sama, warga lansung mengejar dan menangkap Imron yang sempat kabur. Begitu berhasil ditangkap, bersama barang bukti tersangka lantas diserahkan ke petugas Polsek Karangploso. (agp/mar)