Satroni Rumah Kosong, Gondol Rp 60 Juta

TKP: Rumah Rasmad, yang menjadi sasaran kawanan pencuri.    

TUREN – Kawanan pencuri rumah kosong, Jumat malam lalu beraksi di Jalan Stadion Barat, Kecamatan Turen. Pelaku yang diperkirakan lebih seorang, beraksi di rumah Rasmad, 53 tahun, warga sekitar. Dari aksinya tersebut, pelaku berhasil membawa kabur barang berharga milik korban senilai sekitar Rp 60 juta.
Diantaranya adalah perhiasan emas jenis gelang keroncong seberat 15 gram, tiga cincin seberat 9 gram, gelang binggel seberat 10 gram, anting-anting 1 gram, satu buah kamera digital serta uang tunai sebesar Rp 11 juta. Barang berharga itu diambil di dalam lemari korban. Kejadian pencurian itu sendiri, malam itu oleh korban langsung dilaporkan ke petugas Polsek Turen.
“Saya tidak bisa memberikan keterangan banyak mas. Semuanya sudah saya laporkan ke Polsek Turen,” ujar Rasmad, kepada Malang Post ketika ditemui di rumahnya sore kemarin.
Aksi pencurian sendiri, diperkirakan terjadi sekitar pukul 20.00. Ketika kejadian, Rasmad beserta istri serta seluruh keluarganya sedang pergi ke Kota Malang. Mereka pergi sejak sore menjenguk cucunya yang sedang sakit. “Saat kejadian rumah kosong, tidak ada orang sama sekali,” katanya.
Ketika ditinggal pergi inilah, pelaku yang diduga sudah merencanakan aksinya ini lalu beraksi. Mereka masuk ke dalam rumah dengan cara merusak pintu samping sebelah timur. Kemudian setelah berhasil masuk, pelaku lalu mengobrak-abrik dua kamar korban untuk mencari barang berharga.
Begitu mendapatkan apa yang diinginkan, pelaku kemudian kabur lewat jalan semua yang kemudian menuju ke area sawah. Korban sendiri, baru mengetahui kejadian tersebut malamnya ketika pulang. Korban kaget ketika mendapati kamar rumahnya berantakan. Setelah dicek dan diketahui ada beberapa barang yang hilang, akhirnya malam itu langsung melapor ke Polsek Turen.(agp/aim)