Tewas Kunduran Truk

Dua orang pengendara sepeda motor tujuan Kota Batu, siang kemarin harus menelan pil pahit. Pasalnya, mereka tergenjet truk ketika melintas di Jalan Giripurno tepatnya dekat Jurang Susuk. Akibat kejadian itu, kedua warga Desa Langlang, Singosari itu, yakni  Edi Kusnandar, 26 tahun tewas di lokasi kejadian. Sedangkan Lia Indah, 17 tahun yang digoncengnya terluka parah.
Keterangan yang dihimpun di TKP, kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 12.00. Ketika itu truk N 9897 UG dikemudikan Mat Yasin, 47 tahun warga Desa /Kecamatan Bumiaji Bumiaji, tengah melaju dari arah Karangploso tujuan Batu. Truk bermuatan batu itu, berjalan pelan saat melalui tanjakan sebelum gerbang perbatasan dekat jembatan Giripurno.
Ketika mulai melintasi tanjakan sekitar 30 meter, kecelakaan pun terjadi.”Mungkin kelebihan muatan, sehingga truk tidak kuat melintasi tanjakan sehingga meluncur mundur,”jelas Budiono, warga Sawahan salah seorang saksi mata.
Budiono menambahkan, saat truk berjalan mundur itulah persis di belakangnya ada dua korban yang mengendarai motor Jupiter bernopol N 2043 JL yang sengaja berhenti saat truk itu meluncur mundur. Truk itupun meluncur bebas.‘’Kemungkinan pengemudi tak melihat di belakang truknya ada pengendara motor, yang langsung tergenjet bak truk,’’paparnya.
Sebenarnya usai kejadian, tambahnya, korban terlihat masih bernafas. Namun karena terlalu lama terjepit truk akhirnya Edi tewas di lokasi kejadian. Selanjutnya, sopir truk dan warga sekitar melarikan Lia Indah ke RS Prasetyo Husada, Karangploso lantaran tangan kirinya patah akibat tergencet bodi truk dengan tembok pembatas jalan. “ Korban dilarikan ke rumah sakit menggunakan pikup,’’pungkasnya.
Menurut warga lainnya, di lokasi itu memang sangat rawan kecelakaan. Indrawasih menyebut, di lintasan Jurang Susuk dalam kurun sebulan ini, sudah terjadi empat kali kecelakaan lalulintas.
Kanit Laka Polres Batu, Iptu Purwanto Sigit Raharjo mengatakan telah mengamankan truk dan motor korban untuk bahan penyidikan. Bahkan, pihaknya telah memeriksa sopirnya plus para saksi. “ Kami masih belum menyimpulkan siapa tersangkanya, karena pemeriksaan saksi-saksi belum rampung,’’terang anak sulung almarhum Kompol Djoko Saptono mantan Kasat IPP Polres Malang Kota ini. (mik/lyo)