Dirampok, Indomaret Pasang Delapan CCTV

PAKIS - Aksi perampokan yang menimpa Indomaret di Jalan Mangliawan, Kecamatan Pakis, dengan menelan kerugian sekitar Rp 11 juta, masih belum terungkap pelakunya. Tidak ingin terulang kembali kejadian itu, minimarket Indomaret Wendit memilih untuk memasang alat pengaman lebih, seperti memasang delapan CCTV dan brankas anti maling.Dari pantauan di lokasi, selain melakukan perehaban total pada lantai dan atap bangunan, penempatan CCTV juga mulai dipasang di lokasi-lokasi stategis. Bahkan, seiring dengan bakal rampungnya pengerjaan yang ditarget selesai pada 28 September, petugas jaga malam pun juga akan diperbanyak.
“Untuk sementara ini, layanan Indomaret di Jalan Mangliawan, memang berhenti total karena tengah ada perbaikan-perbaikan. Kami akan mulai buka kembali, sekitar akhir September atau setelah perbaikan selesai,” kata Kepala Toko Indomaret Mangliawan, Hasni.  
Ada beberapa perbaikan yang sifatnya untuk pengamanan. Diantaranya, penempatan delapan CCTV untuk melakukan pemantauan aktifitas di dalam minimarket. Targetnya, tentu tidak ada lagi kejadian serupa.
“CCTV lebih ditempatkan di lokasi strategis,” ungkapnya.
Selain penempatan CCTV, Hasni menjelaskan, brankas penyimpanan uang pun juga dilakukan perbaikan. Yakni, tidak semua pegawai bisa melakukan buka-tutup brankas. Sehingga, uang tidak bisa diambil dengan mudah.
“Khusus brankas, memang ada sedikit perubahan. Intinya, lebih kepada keamanan. Meski pun, keberadaan brangkas sendiri nantinya tidak difungsikan penuh untuk menyimpan uang. Jadi, uang hasil transaksi akan langsung dikirimkan tanpa menunggu-nunggu,” ungkapnya.
Dari segi tenaga, tambah Hasni, ada tenaga tambahan yang akan ditempatkan di luar minimarket. Tugasnya, sebagai antisipasi dan pengawasan minimarket.
“Petugas tambahan ini nanti khusus melakukan pengawasan. Sehingga, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka reaksi yang akan dilakukan lebih cepat,” ujarnya.
Sebagaimana diberitakan, pada akhir Agustus lalu, tiga pelaku perampokan bersenjata soft gun beraksi di Indomaret Jalan Mangliawan. Dalam aksinya itu, pelaku berhasil melumpuhkan dua penjaga malam minimarket dan berhasil menggondol uang sekitar Rp 11 juta. (sit/aim)