Bakar Sampah, Rumah Hangus

BATU- Sebuah bangunan rumah tua yang kondisinya sudah lama kosong di Jalan Semeru Gg 1/ 8 Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Jumat kemarin hangus dilalap si jago merah. Diperkirakan, kobaran api mulai ngamuk sekitar pukul 10.30 dan rentang satu jam kemudian, baru bisa dijinakan oleh petugas PMK Kota Batu.
Penyebab kebakaran itu sendiri, diperkirakan rembetan dari pembakaran sampah.” Salah seorang penjaga awalnya membakar sisa sampah,  lalu ditinggal pergi. Tak tahunya, kobaran api malah merambat ke bangunan rumah kosong itu,” jelas Lurah Kelurahan Sisir, Sumadji.
Rumah kosong itu, terakhir kali terlihat ada penghuninya sekitar 10 tahun lalu. Setelah itu dibiarkan terlantar.’’ Beruntung petugas PMK cepat datang, sehingga api tak sampai menjalar ke pemukiman penduduk,’’tambah Sumadji.
Kebakaran tersebut diharapkan jadi pengingat semua warga, lantaran di musim kemarau ini sangat rentan oleh ancaman kebakaran baik itu hutan maupun pemukiman dan bangunan lainnya. Putung rokok yang dibuang di rumput kering pun, bisa menimbulkan kebakaran.
” Karena itu siapapun harus waspada, dan apabila ada kebakaran baik kecil maupun besar harus segera dilaporkan ke Damkar,”harap UPT Damkar Kota Batu, Santoso Wardoyo.
Selama September ini, telah terjadi empat kali kebakaran di wilayah  Kota Batu. Yakni, Minggu (1/9) rumah di Jalan Mustari Kelurahan Sisir akibat regulator LPG bocor. Sabtu (7/9) warung bakso di Kedung Lajar, juga akibat LPG bocor. Minggu (15/9) kebakaran rumah di Dusun Sekar Putih Desa Pendem, disebabkan konsleting instalasi listrik. Dan Jumat kemarin bangunan rumah kosong tersebut. (mik/lyo)