Sound System Masjid Digondol Maling

TUMPANG- Indrayana alias Gondo, 17 tahun warga Desa Argosuko, Kecamatan Poncokusumo, harus berurusan dengan petugas Polsek Tumpang, Sabtu kemarin. Remaja ini diamankan petugas karena dipergoki warga hendak membawa kabur dua sound system Masjid Darussalam di Desa Slamet, Kecamatan Tumpang.
Sebagai barang bukti aksinya, diamankan dua buah sound sistem berikut sarana motor Happy N 6183 G.
 “Untuk pengembangan penyidikan, terhadap pelaku masih dilakukan pemeriksaan,” kata Kapolsek Tumpang, AKP Hartono.
Diperoleh keterangan, peristiwa bermula ketika pada Jumat (20/9) malam, sejumlah jamaah salat Isya di Masjid Darussalam mulai meninggalkan masjid. Dalam kondisi sepi dan pintu tidak terkunci itulah, tersangka nekad masuk ke dalam masjid untuk mengambil sound.
Dengan memanfaatkan kondisi dalam masjid yang sepi dan pintu tidak terkunci, pelaku dengan leluasa langsung menuju ke lokasi sound. Selanjutnya, tanpa kesulitan langsung mengambil alat pengeras suara tersebut. Begitu berhasil, pelaku pun kemudian memanfaatkan pintu samping masjid untuk membawa kabur sound menuju ke tepi sungai.
Siapa sangka, saat akan membawa kabur itulah, aksi pelaku berhasil dipergoki oleh takmir masjid, Muh Faqih, 48 tahun warga Desa Slamet. Tahu kalau sound miliknya hendak dibawa kabur pelaku, kontan saja langsung meneriaki tersangka tersebut. Akibatnya, remaja itu pun tidak bisa kabur oleh kepungan warga.
Warga sendiri, selain mengamankan tersangka, juga berhasil mengaman sarana pelaku. Motor yang diduga milik tersangka, ditaruh di tepi sungai. (sit/aim)