Komplotan Pencuri Sapi Antar Kota Dibekuk

MALU : Keempat tersangka pencuri sapi di tahanan Mapolsek Singosari kemarin, sebelum dilimpahkan ke Polsek Blitar Kota.

SINGOSARI- Empat orang komplotan spesialis pencuri sapi yang biasa beraksi antar kota di Jawa Timur, sukses digulung Unit Reskrim Polsek Singosari. Penangkapan itu, terjadi pada hari Senin (23/8) kemarin sekitar pukul 15.00 WIB, saat keempatnya usai menjual sapi curian di Pasar Hewan Singosari.
Keempat tersangka itu yakni, Suprapto, 16 tahun, warga Dusun Kedawung, Desa Banjarsari, RT 4 RW 6, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Sukani, 33 tahun warga Desa Tegalrejo, RT 10 RW 12, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Budiono, 28 tahun Desa Maron RT 1 RW 1, Kecamatan Srengat, Kota Blitar.
Terakhir, Sugeng, 35 tahun, warga Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Dari tangan tersangka, petugas berhasil menyita barang bukti dua ekor sapi hasil curian yang belum sempat dijual, tali tampar, terpal warna biru, dan truk dengan nomor polisi S 9071 CW yang digunakan untuk mengangkut sapi curian.
“Saat ini para tersangka bersama barang buktinya sudah diamankan di Polsek Singosari. Kemudian kami lakukan pemeriksaan lebih lanjut, karena diduga melibatkan jaringan yang lebih luas lagi,“ ujar Kanit Reskrim Polsek Singosari, AKP Samsul Hidayat kepada Malang Post kemarin.
Dikatakannya, penangkapan keempat tersangka bermula petugas mendapat informasi dari warga yang menyebutkan ada penjualan sapi dengan harga sangat murah di Pasar Hewan Singosari. Setelah dikroscek di lapangan, ternyata informasi itu benar adanya. Saat itu, para pelaku berhasil mejual dua ekor sapi dari empat ekor sapi hasil curian. Mendapatkan fakta itu, petugas langsung  melakukan pemeriksaan usai mereka menjual sapi.
“Saat diperiksa, mereka tidak bisa menyebutkan asal mula sapi itu. Setelah kami selidiki lebih lanjut, sapi itu merupakan hasil curian. Mereka pun sudah tak bisa mengelak lagi dan mengakui perbuatannya,” ungkapnya.
Dari hasil penyelidikan itulah, diketahui mereka sedikitnya beraksi di tiga kota di Jatim yakni Singosari Kabupaten Malang, Kecamatan Wonodadi, Kota Blitar dan Kabupaten Lamongan. “Saat kami periksa, mereka mengakui sedikitnya melakukan pencurian sapi di tiga tempat tersebut,” terangnya. (big/aim)