Gerbong Mutasi Perwira Bergulir

MALANG - Sejumlah perwira di Polres Malang Kota, dalam waktu dekat akan dimutasi. Selain menjadi penyegaran anggota, utamanya para perwira, mutasi ini juga termasuk peningkatan karier dan promosi pangkat yang lebih tinggi. “Serah terima jabatan, kemungkinan seminggu setelah keputusan Kapolda Jatim: KEP/1219/IX/2013  turun tanggal 27 September lalu,” tutur Kasubbag Humas Polres Malang Kota, AKP Dwiko Gunawan SH. Dia menjelaskan, di kalangan perwira menengah, Waka Polres Malang Kota, Kompol Wiyogo Pamungkas pindah jabatan menjadi Kasat Intelkam Polrestabes Surabaya.
Menurut Dwiko, perpindahan Wiyogo tersebut merupakan job kenaikan pangkat menjadi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).   Sedangkan posisinya akan digantikan Kompol Tri Saksono Puspo Aji. Perwira dengan pangkat melati di pundaknya itu, akan ‘tandem’ dengan Kapolres Malang Kota, AKBP Totok Suharyanto SIK, M.Hum untuk mengungkap kasus-kasus kriminal di Kota Malang yang masih cukup tinggi. Apalagi, sebagai Waka Polres Ponorogo, Tri Saksono dikenal cukup intens mengungkap berbagai kasus kriminalitas tinggi, seperti pembunuhan.
Sedangkan Kabag Sumda Polres Malang Kota, Kompol Mudawaroh berpindah ke Bondowoso sebagai Waka Polres. Dia digantikan Kompol Yuliati, Kasi Dikmas Subdit Dikyasa Ditlantas Polda Jatim. Nama Yuliati sendiri tidak asing di Polres Malang Kota karena pernah menjabat Kaur Reg Ident Satlantas dan Waka Polsekta Blimbing. Yang menarik, setelah sekian lama malang melintang menjadi perwira di bidang reserse, Kasatreskoba Polres Malang Kota, AKP Sunardi Riyono naik jabatan menggantikan AKBP Budiharto menjadi Kabag Ops Polres Malang Kota.  
“Pak Budiharto masuk masa pensiun. Jadi mutasi ini juga merupakan pembinaan dari karier para perwira,” terang mantan Kapolsek Wajak itu. Kasatreskoba yang ditinggalkan Nardi, panggilan akrabnya, akan diisi oleh AKP Maryono, mantan Kasubbag Bin Ops Polres Malang Kota. Mutasi juga berlaku di tiga polsek jajaran Polres Malang Kota. Kapolsekta Klojen, Kompol Eko Henky Prayitno, mendapat promosi jabatan sebagai Waka Polres Bangkalan dan diganti AKP Hendrik Purwono, pendidik muda SPN Polda Jatim.
Sedangkan Kapolsekta Lowokwaru, Kompol Bayu Indra Wiguno memilih untuk melanjutkan sekolah.  Polsek yang sering mendapat laporan curanmor itu, akan dipegang Kompol Ali Machfud, lulusan S2 STIK PTIK 2012. Sementara, Kapolsek Sukun, Kompol Lukman Cahyono berpindah posisi menjadi Kasubbag Pangkat Bagbinkar Biro SDM Polda Jatim. Sebagai penggantinya, yakni AKP Toyib Subur yang sekarang masih menjabat sebagai Kapolsek Pronojiwo Lumajang. Toyib Subur juga pernah menjadi perwira reserse di Polres Malang. (mar)