Residivis SS Tertangkap Lagi

Apes benar Alex Siswanto alias Sung Sung Sam, 35 tahun, warga Jalan Arjuno Malang. Untuk kesekian kalinya, pemuda ini kembali masuk sel setelah kedapatan satu poket SS seberat satu gram. Pemuda keturunan ini, dibekuk anggota Satreskoba Polres Malang Kota di rumahnya, akhir pekan kemarin. Menurut Kasubbag Humas Polres Malang Kota, AKP Dwiko Gunawan SH, tersangka sudah pernah dihukum dalam kasus yang sama. ‘Tahun 2008 lalu, dia dihukum enam bulan penjara. Lalu tahun 2010 lalu, satu tahun penjara. Sekarang, tertangkap lagi. Namun siapa pemasoknya, masih dalam penyelidikan anggota,” paparnya.
Kepada polisi, Alex mengaku membeli lima gram SS senilai Rp 6,750 juta beberapa waktu lalu. Namun, setelah mencoba 1,5 gram, dia merasakan SS yang dpakainya tidak enak. Alex kemudian mengembalikan SS tersebut kepada pemasoknya yang masih menjadi buruan untuk minta ganti. “Namun setelah diganti SS, tersangka kembali merasakan SS yang diisapnya tidak enak. Sehingga dia pun membuangnya. Namun apes, petugas berhasil menangkapnya,” urai Dwiko.
Sementara itu, Polsekta Kedungkandang juga berhasil menangkap satu pelaku penipuan bermodus menyewa mobil rental. Tersangkanya yakni Yuli Schutter, 46 tahun, warga Jalan Pisang Agung Malang. Janda satu anak ini dilaporkan Taufik Juni, 36 tahun, warga Perumahan Puri Cempaka Putih Malang karena menggelapkan satu unit mobil Daihatsu Xenia, N 884 GN. “Mobil itu digadaikan oleh tersangka ke penadahnya seharga Rp 20 juta. Penadahnya masih kami kejar,” kata Kapolsekta Kedungkandang, Kompol Sutiono.
Kepada penyidik, Yuli mengaku sudah empat kali ini melakukan penipuan dengan modus serupa. “Dia mengaku menyewa mobil untuk 10 hari. Namun malah digelapkan dan digadaikan antara Rp 20 juta hingga Rp 25 juta. Uang hasil gadai mobil itu, digunakan untuk menutupi kebutuhannya,” lanjut dia. Sutiono mengungkapkan, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Polda Jatim karena tersangka juga terlibat penipuan di Surabaya. (mar)